Pengertian Tata Surya Terlengkap

Posted on
Pengertian Tata Surya Terlengkap
5 (100%) 10 votes

Pendidikanmu – Pada waktu malam hari, ketika kamu melihat langit sangat cerah, cobalah kamu melihat dan pandangi langit tersebut. dan apa yang kamu lihat di langit ? Ya, tentu kamu pasti melihat bintang-bintang bertaburan dan kadang-kadang kamu melihat Bulan yang terang. Bulan dan Bintang merupakan benda-benda langit.

Sekarang saya akan membahas pengertian tentang Tata Surya. Tata Surya ialah kumpulan benda-benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Tata Surya kita terdiri dari Matahari, planet-planet dan semua benda-benda angkasa yang beredar mengelilinginya. Planet-planet menyusun tata Surya kita adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan terakhir Pluto. Sedangkan benda-benda langit lainnya yaitu, satelit, meteoroid, asteroid dan komet. Untuk lebih jelasnya marilah saya bahas satu per satu.

Pengertian Tata Surya Terlengkap

Matahari dan Benda-Benda Langit Lainnya

Di Sekita Matahari terdapat sembilan planet, akan tetapi para pakar astronomi menyebut ada delapan benda langit. Benda langit tersebut dinamakan planet. Planet tersebut mengelilingi Matahari pada lintasan tertentu. Kedelapan planet yang mengelilingi Matahari yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Matahari

Matahari adalah pusat Tata Surya kita. Garis tengahkurang lebih 1.392.500 km. Matahari tersusun atas 70% gas hidrogen dan 25% gas helium serta 5% gas lainnya. Jarak Matahari dengan bumi kurang dari 150 juta km. Suhu luarnya kira-kira 60.000 Celcius.

Berita Terkait  Archaebacteria: Pengertian dan Bakteri dalam Kehidupan Manusia

Bagian-bagian dari Matahari meliputi:

  • Fotosfer
  • Kromosfer
  • Prominensa
  • Korona
  • Bintik Matahari

Planet-Planet yang Mengelilingi Matahari

Planet adalah benda langit yang tidak mempunyai cahaya sendiri. Planet hanya memantulkan chaya bintang. Misalnya Matahari. Gerakan planet mengelilingi Matahari disebut rotasi. Sampai sekarang jumlah planet yang sudah kita kenal ada delapan buah planet, yaitu:

  • Merkurius

Merkurius adalah planet yang terdekat dengan Matahari. Kolaris adalah kawah terbesar di planet ini. Planet ini disebut dengan bintang pagi atau bintang malam. Waktu edar 88 hari, jaraknya dengan matahari 58 juta km.

 

 

  • Venus

Venus adalah planet yang paling dekat dengan Bumi. Planet ini disebut planet putih, bintang pagi, bintangkejora atau bintang fajar.Jarak venus dengan Matahari 108 juta km, waktu edarnya 222 km kala rotasi 243 hari. Suhunya mencapai 5000 Celcius.

 

 

 

  • Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh semua makhluk hidup. Jarak Bumi dengan Matahari kurang lebih 150 juta km. Kala revousinya 365,25 hari atau 1 tahun sedang kala rotasinya 24 jam atau 1 hari. Bumi memiliki satu buah satelit yaitu Bulan.

 

 

 

 

  • Mars

Mars dikenal sebagai planet merah atau bintang joko belek. Kala revolusinya 687 hari sedang kala rotasinya 24,6 jam. Suhu tertinggi di permukaannya 500 – 600 Celcius. Planet ini mempunyai 2 buah satelit yaitu Fobos dan Deimos. Jaraknya dari Matahari yaitu 1,52 SA.

 

 

  • Yupiter

Yupiter adalah planet terbesar dalam Tata Surya. Kala rotasinya 50 jam, jarak dengan Matahari 778 juta km dan mempunyai 17 buah satelit. Planet ini sering disebut planet gas.

 

 

 

  • Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar kedua dan mempunyai 22 satelit. Jaraknya dengan Matahari 1.433, 5 juta km (9,5 SA). Kala revolusinya 29,5 tahun dan kala rotasinya 10,7 jam.

Berita Terkait  Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi Terlengkap

 

 

  • Uranus

Kala rotasinya 17,2 jam, dan kal revolusinya 84 tahun. Uranus memeliki 15 satelit dan besarnya 50 kali besar bumi.

 

 

 

 

 

  • Neptunus

Neptunus sering disebut juga dengan planet kembar, karena memliki 2 buah satelit, yaitu Triton dan Neroid. Kala revolusinya 164,8 tahun dan kala rotasinya 16,1 jam.

Dari delapan planet tersebut para ahli menggolongkan menjadi duabagian yaitu:

 

 

 

Planet dalam

Dasar penggolongan ini ada 2 macam juga yaitu:

  1. Dilihat dari orbit Bumi planet dalam yaitu Merkurius dan venus
  2. Dilihat dari keberadaan asteroid planet dalam yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Planet Luar

Yang termasuk planet luar adalah planet-planet lain yang tidak termasuk dalam planet dalam.

Benda-Benda Langit Lainnya

Disamping planet-planet yang telah dibicarakan tersebut, di dalam Tata Surya juga terdapat benda-benda langit lainnya yang merupakan anggota Tata Surya. Benda-benda tersebut mempunyai lintasan yang berbeda dengan planet. Berikut ini akan saya bicarakan satu per satu.

  • Satelit

Satelit adalah benda langit yang mengiringi planet selama mengilingi Matahari. Satelit dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

  • Satelit Alam adalah satelit yang sudah ada dalam Tata Surya tanpa buatan oleh Manusia. Contoh: Bulan
  • Satelit Buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan diluncurkan menggunakan roket dengan tujuan tertentu. Contoh: Satelit Palapa.

 

  • Meteoroid

Meteoroid adalah benda-benda langit yang kecil melayang-layang di angkasa luar, atau sering disebut bintang beralih. Meteoroid yang terlalu dekat dengan Bumi dapat terpengaruh oleh gaya grafitasi Bumi sehingga masuk ke Bumi. Meteoroid akan bergesekan dengan atmosfer Bumi sehingga menimbulkan bunga api. Cahaya bunga api ini kita sebut meteor atau bintan jatuh atau bisa disebut juga bintang beralih.
  • Komet

Komet adalah bola berpijar yang memliki ekor cahaya, sehingga sering disebut bintang berekor. Komet muncul di Tata Surya dan dapat dilihat pada masa yang tidak tertentu. Komet yang paling terkenal adalah Komet Halley yang muncul sekitar 76 tahun sekali.
  • Asteroid

Asteroid adalah benda-benda langit berukuran kecil yang mengedari Matahri pada lintasan tertentu.

Kebanyakan Asteroid mempunyai lintasan edar di antara lintasan edar Mars dan Yupiter. Lintasan Asteroid-Asteroid tersebut dinamakan Sabuk Asteroid. Beberapa Asteroid yang sudah dikenal antara lain:

Berita Terkait  Pengertian Gaya

 

  1. Ceres dengan diameter 975 Km
  2. Juno dengan diameter 265 Km
  3. Vesta dengan diameter 530 Km
  4. dan Pallas 535 Km.
Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Tata Surya Terlengkap dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)