Kronologi Perang Dunia II

Diposting pada
Kronologi Perang Dunia II
5 (100%) 15 votes

Pendidikanmu – Perang Dunia II berawal dari kekalahan Jerman pada perang dunia I dengan Jerman kehilangan banyak kawasan yang menjadi miliknua pada tahun 1914. Negara-negara yang mengalahkan Jerman berketetapan untuk membuatnya tetap lemah tanpa angkatan bersenjatanya yang kuat. Banyak orang Jerman marah dengan keadaan ini. Ketika Adolf Hitler dan Nazi memegang kekuasaan pada tahun 1930.an, mereka menjadi populer dan memperoleh dukungan dengan berprinsip bahwa bangsa Jerman seharusnya merebut kembali daerah-daerah yang terpisah dari Jerman dan menguasai daerah tetangga yang penduduknya berbahasa Jerman. Perluasan daerah bangsa Jerman akhirnya menyulut terjadinya perang.

Kronologi Perang Dunia II

Perang Dunia II merupakan konflik militer global yang terjadi pada tanggal 1 September 1939 sampai 2 September 1945 yang melibatkan sebagian besar negara di dunia, termasuk semua kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan, yaitu Sekutu dan Poros. Perang ini adalah perang terbesar sepanjang sejarah dengan lebih dari 100 juta personil. Dalam keadaan “perang total”, pihak terlibat mengerahkan seluruh bidang ekonomi, industri dan kemampuan ilmiah untuk melayani usaha sumber militer. Lebih dari tujuh pula juta orang, mayoritas warga sipil tewas. Hal ini menjadikan Perang Dunia II sebagai konflik paling mematikan dalam sejarah manusia.

Umumnya dapat dikatakan bahwa peperangan dimulai saat Jerman menginvasi Polandia pada tanggal 1 September 1939 dan berakhir pada tanggal 14 Agustus 1945 pada saat Jepang menyerah kepada tentara Amerika Serikat. Secara resmi piala dunia II berakhir ketika Jepang menandatangani dokumen Japanese Instrument of Surrender di atas kapal USS Missouri pada tanggal 2 September 1945 ketika 6 tahun setelah perang berkecamuk.

Perang Dunia II berkecamuk di tifa benua tua, yaitu Afrika, Asia dan Eropa. Berikut adalah data pertempuran dan peristiwa penting di setiap benua.

Jerman memulai perluasan daerah pada tahun 1936 dengan menguasai Rhineland. Tahun 1938 Jerman mulai bergerak ke Austria, dijadikan bagian bangsa Jerman. Hal tersebut disebut dengan “Anschluss”. Pada tahun 1939 Chekoslovakia dijajah Jerman.

Inggris dan Prancis membiarkan hal ini tanpa banyak protes. kebijakan melakukan hal ini disebut “Penentraman”. Saat itu diharapkan agar Jerman ketika memperoleh kembali posisinya tahun 1918 berhenti mengancam negara-negara lain.

Tahun 1939 Jerman mengancam untuk menduduki Polandia, Inggris dan Prancis memperingatkan akan terjadi peperangan jika Polandia diserbu.

Awal Mula Perang Dunia II

Bulan Agustus, pemerintahan Nazi Jerman membuat perjanjian dengan negara Uni Soviet dengan isi perjanjian, yaitu: Jika pecah perang, orang Jerman tidak perlu berperang dengan Rusia di garis depan sebelah timur. Bulan September 1939 Jerman mulai memasuki Polandia. Mereka menggunakan taktik yang disebut dengan “Blitzkrieg” atau “Perang Kilat”.

Mungkin Adolf Hitler beranggapan bahwa Inggris dan Prancis akan membiarkan Jerman, Akan tetapi Inggris dan Prancis menjawab dengan mengumumkan perang. Inggris dan Prancis tidak banyak membantu Polandia. Tahun 1940, angkaratan bersenjata Jerman menyerbu Norwegia, Denmark, Prancis, Belgia dan Belanda hingga angkatan bersenjata Inggris harus mundur, Jerman dengan segara mengendalikan sebagian besar Eropa dan Inggris berdiri sendiri berada dalam ancaman bahaya serbuan.

Berita Terkait  Sejarah Perang Dunia I Terlengkap

Perang Patriotik

Bulan Juni 1941, Jerman menyerbu Uni Soviet dan melanggar perjanjian yang mereka buat pada tahun 1939. Jerman masuk jauh ke pedalaman Rusia dan menaklukan Leningrad dan Stalingrad. Kekalahan Rusia amat besar, Musim dingin di Rusia menyebabkan banyak tentara Jerman meninggal karena mereka tidak siap mengadapi cuaca dingin di Rusi. Bulan Januari pada tahun 1943 tentara Jerman ditaklukan di Stalingrad, lebig dari 90.000 tentara menjadi tawanan, ini merupakan awal jatuhnya bangsa Nazi.

Invasi Jepang di Asia Tenggara

Invasi Jepang di Asia Tenggara

Pada tanggal 7 September 1941, pesawat Jepang yang dikomandai  oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor, pangkalan angkatan laut AS terbesar di Pasifik. Pasukan Jepang menghadapi perlawanan kecil dan menghancurkan pelabuhan tersebut. AS dengan segera mengumumkan perang terhadap Jepang.

Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbor, Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina dan juga koloni-koloni Inggris di Hong Kong, Malaya, Borneo dan Birma, dengan maksud selanjutnya menguasai ladang minyak Hindia Belanda. Seluruh wilayah ini dan daerah yang lebih luas, jatuh ke tangan Jepang dalam waktu beberapa bulan saja. Markas Britania Raya di Singapura juga dikuasai, yang dianggap oleh Churchill sebagai salah satu kekalahan dalam sejarah yang paling memalukan bagi Britania.

Invasi Hindia Belanda

Penyerbuan ke Hindia Belanda diawali dengan serangan Jepang ke Labuan, Brunei, Singapura, Semenanjung, Malaya, Palembang, Tarakan dam Balikpapan yang merupakan daerah-daerah sumber minyak. Jepang sengaja mengambil taktik tersebut sebagai taktik gurita yang bertujuan mengisolasi kekuatan Hindia Belanda dam sekutunya yang bergabung dalam front ABDA (AS, Inggris, Belanda dan Austalia) yang berkedudukan di Bandung. Serangan-serangan itu mengakibatkan kehancuran pada armada laut ABDA khususnya Austalia dan Belanda.

Sejak peristiwa tersebut, sekutu akhirnya memindahkan basis pertahanannya ke Australia meskipun demikian sekutu masih mempertahankan beberapa kekuatannya di Hindia Belanda agat tidak membuat Hindia Belanda merasa ditinggalkan dalam pertempuran ini.

Jepang mengandalkan serangan laut besar-besaran ke Pulau Jawa pada bulan Februari dan maret pada tahun 1942 dimana terjadi pertempuran Laut Jawa antara armada laut Jepang melawan armada laut gabungan yang dipimpin oleh Laksamana Karel Doorman. Armada gabungan sekutu kalah dan Karel Doorman gugur dalam pertempuran tersebut.

Perang Seluruh Dunia

Perang Seluruh Dunia

Perang Dunia II merupakan perang global. Jepang bersekutu dengan Jerman akhirnya menyerbu beberapa koloni Inggris dan Prancis di Timur jauh. Di bulan Desember 1941 serangan udara Jepang mengejutkan menghancurkan kapal-kapal Amerika di pangkalan angkatan laut Pearl Harbor hawai, samudera Pasifik. Sesudah serangan ini Amerika ikut berperang di pihak Inggris dan Uni Soviet. Invasi Eropa Barat, Republik Baltik, Yunani dan Balkan dalam perang dunia II di Eropa. Merah adalah sekutu atau penguasaanya, Biru adalah Axis atau penguasaanya dan Hijau adalah Uni Soviet sebelum bergabung dengan sekutu pada tahun 1941.

Berita Terkait  Pembagian Wilayah Negara-Negara Di Benua Asia Terlengkap

Dengan tiba-tiba Jerman menyerang Denmark dan Norwegia pada tangal 9 April 1940 melalui Operasi Weserubung, yang terlihat untuk mencegah serangan sekutu melalui wilayah tersebut. Pasukan Inggris, Prancis dan Polandia mendarat di Namsos, Andalsnes dan Narvik untuk membantu Norwegia. Pada awal Juni, semua tentara sekutu dievakuasi dan Norwegia pun menyerah.

Operasi Fall Gelb, invasi Benelux dan Prancis, dilakukan oleh Jerman pada tanggal 10 Mei 1940, mengakhiri apa yang disebut dengan “Perang Pura-Pura” (Phony War) dan memulai pertempuran Prancis. Pada tahap awal invasi, tentara Jerman menyerang Belgia, Belanda, Luxemburg untuk menghindari Garis Maginot dan berhasil memecah pasukan sekutu dengan melaju sampai ke selat Inggris. Negara-negara Benelux dengan cepat jatuh ke tangan Jerman, yang kemudian melanjutkan tahap berikutnya dengan menyerang Prancis. Pasukan Ekspedisi Inggris (British Expeditionary Force) yang terperangkap di Utara kemudian dievakuasi melalui Dunkirk dengan Operasi Dinamo. Tentara Jerman tidak terbendung, malaju melewati Garis Maginot sampai ke arah pantai Atlantik, menyebabkan Prancis mendeklarasikan gencatan senjata pada tanggal 22 Juni dan terbentuklah pemerintahan Boneka Vichy.

Pada Juni 1940, Uni Soviet memasuki Latvia, Lithuania dan Estonia serta menganeksasi Bessarabia dan Bukovina Utara dari Rumania.

Jerman bersiap untuk melancarkan serangan ke Inggris dan dimulailah apa yang disebut pertempuran Inggris atau “Battle of Britain“, perang udara antara AU Jerman Luftwaffe melawan AU Inggris Royal Air Force pada tahun 1940 memperebutkan kontrol atas angkasa Inggris. Jerman berhasil dikalahkan dan membatalkan Operasi Singa Laut (Seelowe) untuk menginvasi dataran Inggris. Hal tersebut dikarenakan perubahan strategi Luftwaffe dari menyerang landasan udara dan industri perang berubah menjadi serangan besar-besaran pesawat pembom ke London. Sebelumnya terjadi pemboman kota Berlon yang di dasarkan pembalasan atak ketidak sengajaan pesawat pembom Jerman yang menyerang London. Hal hasil pilot pesawat tempur Spitfire dan Huricane dapat diistirahatkan. Perang juga berkecamuk di laut, pada pertempuran Atlantik kapal-kapal selam Jerman (U-Boat) berusaha untuk menenggelamkan kapal dagang yang membawa suplai kebutuhan ke Inggris dari Amerika Serikat.

Pada tanggal 27 September 1940, ditanda tanganilah fakta tripartit oleh Jerman, Itali dan Jepang yang secara formal membentuk persekutuan dengan nama (Kekuatan Poros).

Italia menyerbu Yunani pada tanggal 28 Oktober 1940 melalui Albania, tetapi dapat ditahan oleh pasukan Yunani yang bahkan menyerang balik ke Albania. Adolf  Hitler kemudian mengirim tentara untuk membantu Mussolini berperang melawan Yunani. Pertempuran juga meluas hingga wilayah yang dikenal sebagai wilayah bekas Yugoslavia. Pasukan Nazi mendapat dukungan dari sebagian Kroasia dan Bosnia, yang merupakan konflik laten di daerah itu sepeninggal Kerajaan Ottoman. Namun pasukan Nazi mendapat perlawanan hebat dari kau Nasionalisme yang di dominasi oleh Serbia dan beberapa etnis lainnya yang dipimpin oleh Josip Broz Tito. Pertempuran dengan kaum Nazi merupakan salah satu bibit pertempuran antara etnis di wilayah bekas Yogoslavia pada dekade 1990-an.

Berita Terkait  Pengertian Valuta Asing dan Bursa Valuta Asing Terlengkap

Akhir Perang Dunia II

Akhir Perang Dunia II

Begitu Uni Soviet dan Amerika Serikat ikut berperang penaklukan Jerman, Italia dan Jepang hanya masalah waktu. Sejak awal tahun 1943 angkatan bersenjata merah Soviet memukul mundur Jerman dari tapal batas mereka dan menggiringnya masuk ke Berlin. Tahun 1942 angkatan laut Amerika memenangkan beberapa pertempuran di Pasifik, tentara Amerika kembali merebut kepulauan Pasifik yang diambil oleh Jepang.

Bulan November 1942 Inggris menaklukan Jerman dan Italia di El Alamien, Afrika Utara. Tahun 1943 tentara sekutu menyeberangi laut tengah untuk menyerbu Italia. Di bulan Juni 1944 tibalah garis depan kedua yang ditunggu-tunggu; penyerbuan Prancis utara oleh Inggris dan Amerika pada hari penentuan (D’Day).

Runtuhnya Kerajaan Nazi Jerman

Pada akhir bulan April 1945, ibukota Jerman yaitu Berlin sudah dikepung oleh pasukan Uni Soviet dan pada tanggal 1 Mei 1945, Adolf Hitler bunuh diri bersama Istrinya Eva Braun didalam bunkernya, sehari sebelumnya Adolf Hitler menikahi Eva Braun dan setelah kematiannya pemerintah pengawalnya untuk membakar mayatnya. Setelah menyalami setiap anggotanya yang masih setia. Pada tanggal 2 Mei 1945, Karl Donitz diangkat menjadi pemimpin menggantikan Adolf Hitler dan menyatakan Berlin menyerah pada tanggal itu juga. Disusul pasukan Jerman di Italia yang menyerah pada tanggal 2 Mei 1945 juga. Pasukan Jerman di wilayah Jerman Utara, Denmark dan Belanda menyerah pada tanggal 4 Mei 1945. Sisa tanggal 7 Mei 1945 di Rheims, Prancis. Tanggal 8 Mei 1945, penduduk di negara-negara sekutu merayakan hari kemenangan, tetapi Uni Soviet merayakan hari kemenangan pada tanggal 9 Mei 1945 dengan tujuan politik.

Jerman berada dalam tekanan dari timur, barat dan selatan. Secara perlahan pasukan Jerman dipukul mundur ke Berlin. Jerman akhirnya menyerah di bulan Mei 1945.

Jepang menyerah pada tanggal 14 Agustus 1945 sesudah pesawat Amerika menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Bom atom pertama menghancurkan lebih dari 13 kilometer persegi kota Hiroshima dan membunuh hampir 80.000 jiwa.

Kombinasi antara penggunaan bom atom dan keterlibatan baru Uni Soviet dalam perang merupakan faktor besar penyebab menyerahnya Jepang, setelah bom atom pertama dan kedua dilepaskan. Jepang pun menyerah tanpa syarat pada tanggal 14 Agustus 1945 dan menandatangani surat penyerahan pada tanggal 2 September 1945 di atas kapal USS Missouri di teluk Tokyo. Jika ingin mengetahui sejarah meletusnya Perang, simak artikel Perang Dunia I.

 

Demikian Pembahasan Tentang Kronologi Perang Dunia II dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)