Mengapa Kita Butuh Makanan

Posted on
Mengapa Kita Butuh Makanan
4 (80%) 11 votes

Mengapa Kita Butuh Makanan – Semua makhluk hidup akan selalu melakukan aktivitas setiap harinya. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia. Tentunya akan selalu membutuhkan energi setiap saat. Energi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat diperoleh melalui berbagai jenis makanan yang dimakan setiap harinya.

Mengapa Kita Butuh Makanan

Makanan-makanan tersebut diperoleh dalam bentuk bahan organik yang dapat diperoleh dari makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan tumbuhan. Selain itu, makanan yang kita makanan harus memiliki kandungan yang diperlukan oleh tubuh, seperti, karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak. Selanjutnya makanan tersebut akan dicerna dan diserap oleh tubuh.

Berikut ada beberapa makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia terbagi menjadi 5 bagian, antara lain:

1. Makanan Dibutuhkan untuk Tumbuhan dan Berkembang

Telur yang sudah dibuahi akan mengawali terbentuknya dari kamu seutuhnya. Diameter sel telur tersebut hanya sekitar 0,25 mm. Secara mengagumkan, sel telur akan terus mengalami pertumbuhan maupun perkembangan menjadi embrio, kemudian fetus dan pada akhirnya dilahirkan sebagai seorang bayi, selanjutnya akan berkembang menjadi anak-anak hingga menjadi kamu yang sekarang ini. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut akan terus berlanjut hingga kamu berumur 17 tahun jika kamu seorang wanita atau 21 tahun jika kamu seorang pria.

Pembentukan sel baru ketika terjadi proses pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan berbagai material. Ketika masih berada di dalam kandungan, tubuh ibu, tentu dari makanan yang dimakan sang ibu. Tanpa material sebagai zat pembangun, tubuh tidak dapat membuat sel baru yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Berdasarkan uraian tadi, dapat disimpulkan manusia membutuhkan makanan agar dapat tumbuh dan berkembang.

Berita Terkait  Pengertian dan Jenis-Jenis Hacker

2. Makanan Dibutuhkan untuk Memperbaiki atau Mengganti Sel yang Rusak

Selain untuk pertumbuhan dan perkembangan, pembentukan sel juga dibutuhkan untuk memperbiki atau mengganti sel-sel yang rusak. Misalnya, ketika sulit mengalami luka terkelupas yang cukup besar. Pada luka tersebut, lama-kelamaan akan tumbuh menjadi jaringan baru yang akan menggantikan jaringan yang rusak. Untuk membentuk sel-sel baru tersebut tentu dibutujkan berbagai material. Material ini pun berasal dari makanan.

3. Makanan Dibutuhkan untuk Sumber Energi

Apa yang terjadi pada mobil yang persediaan bahan bakarnya hanis? Pasti mobil tersebut tentu tidak dapat berjalan. Demikian juga yang terjadi pada manusia. Jika tidak makan, maka tidak akan dapat beraktivitas. Kamu akan merasa lemas, tidak dapat berbicara, bahkan sulit untuk berpikir. Mengapa hal tersebut terjadi? Kita tidak dapat bergerak, berbicara dan melakukan semua aktivitas hidup lainnya jika kita tidak memiliki bahan bakar. Bahan bakar bagi tubuh kita adalah makanan yang kita makan. Makanan memberi kita energi untuk proses di dalam tubuh kita, seperti bergerak, bernapas, berbicara, berpikir dan semua aktivitas dalam hidup kita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manusia membutukan makanan untuk sumber energi.

4. Makanan Dibutuhkan untuk Memelihara Suhu Tubuh

Pernahkan kamu pergi ke daerah pegunungan yang cuacanya sangat dingin? Di daerah yang dingin, biasanya kita memiliki keinginan untuk makan lebih banyak dibanding ketika berada di daerah yang panas. Ternyata, hal tersebut merupakan respon tubuh terhadap cuaca dingin. Sebagai adaptasi terhadap cuaca dingin, tubuh harus melepaskan banyak panas agar sel tubuh tidak rusak. Panas tersebut didapatkan dari reaksi yang terjadi pada makanan yang kita makan. Jadi, manusia membutuhkan makanan sebagai bahan bakar untuk memelihara suhu tubuh.

Berita Terkait  Pengertian Sistem Parlementer Di Indonesia

5. Makanan Dibutuhkan untuk Menjaga keseimbangan Metabolisme Tubuh

Pada saat melakukan berbagai reaksi metabolisme di dalam tubuh, tubuh membutuhkan mineral dan vitamin. Mineral dan vitamin tersebut bukan sebagai zat pembangun sel-sel dalam tubuh, melainkan zat yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh agar reaksi metabolisme tubuh tetap seimbang. Mineral dan vitamin terkandung di dalam makanan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kita membutuhkan makanan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh sehingga tubuh tetap sehat.

Berdasarkan uraian diatas, kamu mengetahui bahwa tubuh sangat membutuhkan makanan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan asupan makanan yang kamu makan. Zat makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh? Berikut ini akan dibahas tentang mengenai zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh.

Demikian Pembahasan Mengapa Kita Butuh Makanan dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)