Pengertian Unified Modeling Language (UML)

Posted on
Pengertian Unified Modeling Language (UML)
5 (100%) 5 votes

Pendidikanmu – UML ialah bahasa untuk menspesifikasi, memvisualisasi, membangun dan mendokumentasikan artifacts (bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan oleh proses pembuatan perangkat lunak, artifact tersebut dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak) dari sistem perangkat lunak. UML dibuat oleh salah satu tokoh dari Grady Booch, James Rumbaugh dan Ivar Jacobson di bawah bendera Rational Software Corp [HAN98].

Pengertian Unified Modeling Language (UML)

Bagian-Bagian Dari UML

Bagian-bagian utama dari UML ialah view, diagram dan relationship.

View

View digunakan untuk melihat sistem yang dimodelkan dari beberapa aspek yang berbeda. Ada beberapa jenis view dalam UML antara lain sebagai berikut:

  • Use Case view

Ialah bentuk fungsionalitas dari sistem yang diinginkan oleh user (dalam hal ini aktor). View ini digambarkan dalam user case diagram dan seringkali juga dibuat dalam class diagram. View digunakan dalam pelanggan, perancang, pengembang dan penguji sistem.

  • Logical View

Mendeskripsikan bagaimana fungsionalitas dari sistem, struktur statis (class, object dan ralationship) dan kolaborasi dinamis yang terjadi ketika object mengirim pesan ke object lain dalam suatu fungsi tertentu. View digunakan untuk perancang dan pengembang.

  • Component view

Mendeskripsikan implementasi dan ketergantungan modul. Komponen ini ialah tipe lainnya dari code module diperlihatkan dengan struktur dan ketergantungannya juga alokasi sumber daya komponen dan informasi administrasi lainnya. View digunakan untuk pengembang.

  • Deployment View

Mendeskripsikan fisik dari sistem seperti komputer dan perangkat dan bagaimana hubungannya dengan lainnya. View digunakan untuk pengembang, pengintegrasi dan penguji.

Berita Terkait  Pengenalan Konsep Object Oriented

Diagram

Diagram ialah presentasi grafis dari sekumpulan elemen model yang disusun untuk mengilustrasikan bagian atau aspek tertentu dari sistem. Sebuah diagram merupakan bagian dari suatu view tertentu. Adapun jenis diagram antara lain:

  • Use Case Diagram

Menggambarkan  sejumlah external actors dan hubungannya ke use case yang diberikan oleh sistem. Use case ialah deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem dalam bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol namun dapat juga dilakukan dalam activity diagrams. Use case digambarkan hanya dilihat dari luar actor dan bukan fungsi yang ada di dalam sistem.

  • Class Diagram

Menggambarkan  struktur statis class di dalam sistem. Class merepresentasikan sesuatu yang ditangani oleh sistem. Class dapat berhubungan dengan yang lain melalui berbagai cara, yaitu: associated, dependent, specialed atau package.

  • Statechart Diagram

Menggambarkan semua state yang dimiliki oleh suatu object dari suatu class dan keadaan yang menyebabkan state berubah. Kejadian dapat berupa object lain yang mengirim pesan. State class tidak digambarkan untuk semua class, hanya yang mempunyai sejumlah state yang terdefinisi dengan baik.

  • Sequence Diagram

Menggambarkan semua state yang dimiliki oleh suatu object dari suatu class dan keadaan yang menyebabkan state berubah. Kejadian dapat berupa object lain yang mengirim pesan. State class tidak digambarkan untuk semua class, hanya yang mempunyai sejumlah state yang terdefinisi dengan baik.

  • Collaboration Diagram

Menggambarkan kolaborasi dinamis seperti sequnce diagram. Dalam menunjukkan pertukaran pesan, collaboration diagram menggambarkan object dan hubungannya.

  • Activity Diagram

Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk aktifitas lainnya seperti use case atau interaksi.

  • Component Diagram

Menggambarkan alokasi semua kelas dan object kedalam komponen-komponen dalam desain fisik sistem software. Diagram ini memperlihatka pengaturan dan ketergantungan antara komponen-komponen software seperti source code, binary code dan komponen yang tereksekusi.

  • Deployment Diagram

Menggambarkan arsitektur fisik dari perangkat keras dan perangkat lunak sistem, menunjukkan hubungan komputer dengan perangkat satu sama lain dan jenis hubungannya.

Berita Terkait  120 Gambar Pemetaan SIG

Hubungan / Relationship

Ada 4 macam hubungan didalam penggunaan UML, yaitu :

  1. Dependency, ialah hubungan semantik antara dua benda yang mana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya akan berubah pula. Umumnya sebuah dependency digambarkan sebuah panah dengan garis terputus-putus.
  2. Association, hubungan antar benda struktural yang terhubungan diantara object. Kesatuan object yang terhubungan ialah hubungan khusus, yang menggambarkan sebuah hubungan struktural diantara seluruh atau sebagian. Umumnya association digambarkan dengan sebuah garis yang dilengkapi dengan sebuah label, nama, dan status bubungannya.
  3. Generalizations, ialah menggambarkan hubungan khusus dalam object anak yang menggantikan object induk. Dalam hal ini, object anak memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah lakunya kepada object induk. Digambarkan dengan garis panah.
  4. Realizations, ialah hubungan semantik antara pengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya. Hubungan ini dapat diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements, serta antara use case dan collaborations. Model dari sebuah hubungan realization.

Tujuan Penggunaan UML

Ada 2 tujuan penggunaan UML yaitu sebagai berikut :

  1. Memodelkan suatu sistem (bukan hanya perangkat lunak) yang menggunakan konsep berorientasi object.
  2. Menciptaka suatu bahasa pemodelan yang dapat digunakan baik oleh manusia maupun mesin.

 

Demikian Pembahasan Pengertian Unified Modeling Language (UML) dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)