Internet: Pengertian, Fungsi dan Manfaat Terbaru

Posted on
Internet: Pengertian, Fungsi dan Manfaat Terbaru
5 (100%) 5 votes

Pendidikanmu – Internet di masa modern sekarang ini bagaikan sudah menjelma menjadi kebutuhan sehari-hari bagi penduduk bumi yang setara dengan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Penduduk bumi tanpa adanya akses internet, rasanya kehidupan seseorang belum benar-benar hidup atau bisa diartikan seperti mati suri. Internet membuka pandangan manusia, sebagai sarana yang mampu mempu memberi informasi pada manusia tentang berbagai hal yang ada di kota lain, negara lain, bahkan benua lain.

 

Internet: Pengertian, Fungsi dan Manfaat Terbaru

 

Hampir semua kalangan usia, dewasa maupun anak-anak kini juga membutuhkan internet. Siswa maupun mahasiswa membutuhkan internet untuk bahan mendukung pelajaran mereka, maupun para pekerja kantoran yang memanfaatkan internet untuk keperluan bisnisnya dan lain-lainya.
Internet ialah sebuah jaringan komunikasi global yang menghubungkan beberapa jaringan komputer dengan berbagai tipe maupun jenis, dengan menggunakan tipe seperti satelit, telepon, handphone maupun yang lainnya.
Departemen Pertahanan Amerika mengusung rencana pada awal pekembangan internet akan membuat sebuah jaringan yang akan bertujuan untuk menghubungkan sebuah komputer yang ada di berbagai daerah di Amerika, sehingga pihak Depertemen Pertahanan Amerika memungkinkan penyimpanan data tersebut di berbagai tempat dan jika terjadi kondisi perang, data yang dimiliki oleh Amerika tidak mudah bocor ke pihak musuh atau tempat lain.

Beberapa Fasilitas Di Dalam Internet

Internet merupakan sebuah informasi yang banyak menyajikan beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh penggunanya diseluruh dunia. Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet diseluruh dunia, antara lain sebagai berikut:

  • World Wide Web (WWW)

WWW ialah sistem yang terdapat pada internet yang bertugas untuk melakukan sebuah pencarian disalah satu browser sekaligus pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext. Untuk membuat sebuah teknology hypertext, para peneliti menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang disebut dengan Hyper Text Markup Language (HTML).

  • Email

Email ialah sebuah surat atau pesan elektronik yang dikirim dan diterima antar pengguna komputer yang berinteraksi jauh. Email memungkinkan seseorang mengirimkan pesan ke teman, maupun tugas kantor dengan waktu yang cepat, bahkan dalam hitungan detik pesan tersebut sampai. Pada era modern sekarang ini email sangatlah pesat dikalangan masyarakat maupun perkantoran, email tidak hanya berisi teks saja, kita bisa melampirkan file seperti file document, gambar, video dan lain-lainnya

  • Mailing List

Mailing List ialah salah satu discussion group yang terdapat pada sebuah internet. Anggota Mailing List dapat membaca surat dari pengirim dan kemudian anggota tersebut akan mengirimkan balasannya. Biasanya, anggota dari milis saling bertukar informasi, pendapat dan lain-lainnya.
Beberapa contoh dari Mailing List ialah Yahoo dengan alamatnya yahoo.com, sedangkan pihak Google dengan alamat google.com. Tentunya untuk mengikuti intruksi informasi dari sebuah Mailing List, terlebih dahulu pengguna membuat baru sebuah email.

  • BBS

BBS ialah suatu pusat layanan informasi yang menyediakan berbagai macam informasi dari berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, sosial maupun teknologi. Menggunakan layanan BBS ini, maka pengguna akan dapat saling bertukar pikiran dengan pengguna lainnya untuk saling membahas soal pekerjaan maupun hal lainya. Biasanya, bagi pengguna yang mengakses layanan BBS akan dapat mengunggah file maupun mengunduh file berupa berita dari pengguna lain dengan cepat dan mudah.

  • Chatting

Chatting ialah sebuah percakapan antara dua atau lebih pengguna komputer secara realtime yang menggunakan dengan internet. Bagi pengguna komputer yang sudah dilengkapi perangkat webcam, maka pengguna komputer tersebut akan dapat chatting dengan pengguna lain dan bisa melihat wajah pengguna di ajak chatting tersebut.

Fungsi dan Manfaat Internet Bagi Semua Pengguna

Dibalik mudahnya mengakses internet sehari-hari, terdapat beberapa fungsi dan manfaat internet bagi semua pengguna, antara lain sebagai berikut:

  • Menambah Wawasan dan Pengetahuan di Internet

Dengan adanya layanan internet pada jaman sekarang, maka kita lebih tahu mengenai berbagai wawasan maupun pengetahuan diseluruh dunia. Bagi pelaja, internet akan mempermudah mereka untuk mencari informasi yang terkaitan dengan pelajaran mereka di sekolahnya. Pelajar pun bisa melihat atau berkarya dengan berbagai macam video di Youtube.

  • Komunikasi Menjadi Lebih Cepat dan Mudah Menggunakan Internet

Perkembangan internet dari jaman ke jaman semakin meningkat untuk membuat komunikasi antar pengguna ke pengguna lainnya dengan mudah dan cepat. Kita juga bisa berkomunikasi walau jarak jauh sekali pun dengan biaya relatif murah meriah. Selain itu, pada masa modern ini sudah banyak jejaring sosial  yang sudah melekat semua orang di dunia ini seperti, Facebook, Twitter, Whatapps dan lain-lainya. Di dalam jejaring sosial tersebut, anda bisa berbagi obrolan maupun video call dengan pengguna lainnya.

  • Mudahnya Belanja Melalui Internet

Dengan banyaknya pengguna menggunakan internet, semakin banyak pula seseorang akan tertarik melakukan berbelanja melalui online. Saat ini, banyak orang akan memilih berbelanja melalui online, karena dianggap lebih mudah dan efisien. Salah satu manfaat dari belanja melalui online ialah kita tidak perlu keluar rumah atau belanja lama-lama di mall untuk membeli barang yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur, belanja online adalah pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa harus menyita banyak waktu apalagi sibuk kerja di kantor maupun sibuk kuliah.
Demikian Pembahasan Tentang Internet: Pengertian, Fungsi dan Manfaat Terbaru dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)