Analisis SWOT: Pengertian Beserta Manfaatnya

Diposting pada
Analisis SWOT: Pengertian Beserta Manfaatnya
5 (100%) 6 votes

Pendidikanmu – Apakah anda pernah mendengar Analisis SWOT? Ya, Kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan mafaat analisis SWOT. Analisis SWOT itu sendiri ialah suatu metode perencanaan strategis yang digunakan dalam mengevaluasi kegiatan usaha untuk penetapkan srategi bisnis berupa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis untuk rencana yang matang.

Analisis SWOT: Pengertian Beserta Manfaatnya

 

Ada beberapa mendapat berbeda tentang pengertian analisis swot menurut para ahli, dibawah ini penjelanya:
  • Robinson & Pearce (1997) ialah salah satu analisis komponen yang terpenting dalam strategi manajemen bagi perusahaan maupun organisasi. Analisis SWOT ini mencakup beberapa faktor intern di dalam perusahaan tersebut, dimana beberapa faktor tersebut akan menghasilkan profil-profil perusahaan yang dipahami dan mengidentifikasikan kekuatan dan kelembahan pada perusahaan maupun organisasi. kekuatan dan kelembahan kemudian akan dibandingkan dengan ancaman ekstern dan peluang sebagai dasar untuk menghasilkan opsi atau alternatif strategi lain.
  • Menurut Jogiyanto (2005) analisis SWOT ialah suatu penilaian atas kekuatan dan kelemahan dari semua aspek sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan maupun organisasi tersebut. Hal ini juga mencakup semua aspek tantangan yang akan dihadapi dan kesempatan eksternal maupun internal ke depannya.
  • Armstrong dan Kotler (2008) berpendapat lain tentang analisis swot ialah suatu penilaian menyeluruhan yang dilakukan terhadap kekuatan, peluang, kelemahan dan juga ancaman bagi suatu perusahaan maupun organisasi. Kegiatan analisis ini sangat diperlukan bagi perusahan maupun organisasi, agar perusahaan tersebut bisa menentukan langkah strategi apa saja yang akan dilakukan perusahaan. Baik strategi promosi, strategi penjualan dan lain sebagainya.
Berita Terkait  Pengenalan Konsep Object Oriented

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Analisis SWOT

Dalam strategi organisasi, bisnis, usaha, ataupun kepribadian diri, kita harus memiliki tujuan yang ingin dicapai untuk melakukan semua strategi tersebut berjalan lancar. Maka, otomatis kita membutuhkan sebuah strategi internal maupun eksternal baik dalam mewujudkan tercapainya semua tujuan tersebut.
Jika kita berbicara tentang strategi bisnis misalnya, maka diantara tujuannya adalah strategi promosi market lewat produk dan jasa yang kita tawarkan. Dalam strategi perseorangan, maka analisis SWOT dapat kita gunakan untuk pengembangan diri dalam waktu jangka panjang.

Manfaat Analisis SWOT

Analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar untuk mengambil keputusan beberapa aspek sekarang maupun kedepannya yang sangat bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa tersebut biasanya digunakan untuk mempertahankan kekuatan maupun kelemahan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada dan sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman dan menatap arah mana perusahaan tersebut dimasa depan, serta apa sajakah yang digunakan untuk menilai kesuksesan strategi manajemen dalam menggerakkan misi dan visi tersebut.

 

Demikian Pembahasan Tentang Analisis SWOT: Pengertian Beserta Manfaatnya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)