Moral & Etika: Pengertian, Macam-Macam dan Perbedaan

Diposting pada
Moral & Etika: Pengertian, Macam-Macam dan Perbedaan
5 (100%) 5 votes

Pendidikanmu – Etika dan moral ialah istilah yang sering kita jumpai untuk aktifitas atau sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai norma yang berlaku dikalangan masyarakat sekitar sehari hari. Lalu, apa yang membedakan moral dan etika? Berikut ialah beberapa penjelasan tentang mengenai pengertian, macam-macam dan perbedaan moral dan etika sebagai berikut.

Moral & Etika: Pengertian, Macam-Macam dan Perbedaan

 

Moral adalah sebuah pengetahuan atau gagasan yang menyangkut budi pekerti seseorang yang beradab. Moral juga diartikan sebuah ajaran yang baik, buruknya perbuatan dan kelakukan seseorang tersebut. Moralisasi adalah sebuah gagasan “pandangan dan ajaran” yang berhubungan tentang perbuatan yang baik, sedangkan demoralisasi adalah kerusakan moral seseorang.

Macam-Macam dari Moral

Berikut ini adalah macam-macam dari moral dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
  1. Moral Murni ialah Moral yang terdapat pada setiap manusia sebagai suatu perwujudan pancaran ilahi. Moral murni disebut juga Hati Nurani.
  2. Moral Terapan ialah Moral yang didapat dari berbagai ajaran filosofi, agama, adat yang menguasai pemutaran manusia.

Pengertian Etika

Etika adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang baik ataupun buruk, dengan kata lain aturan dari tingkah laku yang dihasilkan oleh akal manusia. Dengan adanya etika pergaulan dalam masyarakat ataupun bermasyarakat akan terlihat baik dan buruknya seseorang dalam berhubungan etika terhadap orang lain.
Etika bersifat relatif ialah dapat berubah-ubah sesuai dengan kemajuan zaman. Etika merupakan sebagai ilmu yang mempelajari kabaikan dan keburukan seseorang dalam sebuah kehidupan seseorang, khususnya perbuatan seseorang yang didorong oleh kehendak mereka sendiri serta didasari pikiran yang jernih dengan pertimbangan perasaan.

Macam-Macam dari Etika

Berikut ini adalah macam-macam dari etika dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:
  1. Etika deskriptif ialah Memberikan sebuah gambaran ataupun ilustrasi tentang tingkah laku seseorang yang dilihat dari nilai-nilai baik maupun buruk.
  2. Etika normative ialah Membahas & mengkaji ukuran baik maupun buruknya tindakan seseorang terhadap orang lain.
  3. Etika Umum ialah Membahas tentang berbagai macam berhubungan maupun kondisi seseorang untuk bertindak etis dalam mengambil berbagai macam aspek kebijakan berdasarkan teori-teori moral.
  4. Etika khusus
         Etika khusus terdapat 4 bagian, yaitu sebagai berikut:
  • Etika sosial ialah seseorang harus bertanggung jawab terhadap sosial maupun hubungan antar sesama manusia dalam aktivitas yang dilakukan dalam sehari-hari.
  • Etika individu ialah lebih menekankan kepada kewajiban manusia sebagai pribadi.
  • Etika terapan ialah etika-etika yang diterapkan pada sebuah profesi seseorang yang berperilaku baik.
Berita Terkait  Makna Tentang Kedaulatan Rakyat

Perbedaan Moral dan Etika

Perbedaan moral dan etika bisa kita dilihat dari tolak ukur yang dipakai dengan moral untuk mengukur tingkah laku manusia disebut dengan sebuah “kebiasaan dalam adat istiadat” yang masih berlaku dikalangan masyarakat sekitar. Moral dan etika sama-sama memiliki arti yang sama, akan tetapi pemakaian perilakunya dalam sehari-hari terdapat sedikit perbedaan. Moral digunakan untuk sistem sedang dinilai, sedangkan etika digunakan untuk berbuatan nilai yang sudah ada.
Demikian Pembahasan Tentang Moral & Etika: Pengertian, Macam-Macam dan Perbedaan dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)