Sejarah dan Perkembangan Bank Rakyat Indonesia

Diposting pada
Sejarah dan Perkembangan Bank Rakyat Indonesia
5 (100%) 7 votes

Pendidikanmu – Bank rakyat Indonesia ialah salah satu bank besar yang dimiliki oleh pemerintah pusat Indonesia yang beroperasi dibidang jasa keuangan. Bank rakyat Indonesia mungkin dibilang bank tertua, karena telah berdiri sebelum Indonesia merdeka sekitar tahun 1895. Sebelum berganti nama menjadi Bank rakyat Indonesia, dulunya bank ini bernama “De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden”. Itulah nama Bank rakyat Indonesia yang berdiri pada masa kolonialisme Hindia Belanda di Indonesia, oleh karena itu, namanya memakai bahasa Belanda.

Sejarah dan Perkembangan Bank Rakyat Indonesia

Perlu diketahui, sejarah berdirinya Bank Bank rakyat Indonesia kelihatan berdiri di kota Purwokerto. Kota Purwokerto adalah penerus Ibu Kota Karesidenan Banyumas, kemudian pendopo Si Panji beralih tempat dari Kota Banyumas ke Kota Purwokerto. Kota Purwokerto mempunyai peran fungsi dalam sejarah perbankan di Indonesia, dimana berdirinya salah satu bank pertama dan terbesar di Indonesia.

Sejarah Berdirinya Bank Rakyat Indonesia

Bank Rakyat Indonesia pertama kali didirikan di kota Purwokerto, kota yang populer dengan wisata alamnya di Baturadden. Kota ini juga dikenal akan sejarah tentara pelajarnya yang serta berperang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah berdirinya Bank Rakyat Indonesia ialah Raden Bei Aria Wiraatmadja. Beliu adalah asli keturunan dari kota Bayumas yang berbakti kepada kolonialisme Belanda di Karesidenan Banyumas. Raden Bei Aria Wiraatmadja sangat dipercaya oleh Belanda, sehingga jabatan di kolonialisme Belanda terbilang komplet. Pada tahun 1902, Raden Bei Aria Wiraatmadja mendapatkan gelar yang bernama Arya di Karesidenan Banyumas.

Berita Terkait  Pengertian WHO, Sejarah, Tujuan dan Fungsi Serta Kegiatan WHO

Berdirinya Bank Rakyat Indonesia ialah suatu badan yang digunakan untuk mengoperasikan keuangan rakyat Indonesia.

Perkembangan Bank Rakyat Indonesia

Sesudah Indonesia merdeka dari Belanda dan Jepang pada tanggal 17 Agustus 1945, akhirnya Bank rakyat Indonesia menjadi bank pertama dan terbesar di Indonesia dengan peraturan pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1. Selanjutnya pada masa pertempuran mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, aktivitas bank pernah berhenti selama 1 tahun. Sehingga, pada tahun 1949 bank tersebut kembali beroperasi setelah diadakan perjanjian antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Belanda melalui perjanjian Renville setelah Indonesia mengingkan merdeka absolut seluruh wilayah Indonesia dari tangan Belanda.

Selanjutnya, Bank rakyat Indonesia menjadi bank sentral melewati peraturan Undang-Undang No. 13 tahun 1968, setelah itu, peraturan Undang-Undang No. 21 tahun 1968 Bank Rakyat Indonesia dimantapkan kembali untuk melaksanakan perannya menjadi bank umum.

Perkembangan Bank Rakyat Indonesia akhirnya menghadapi perubahan kembali pada tahun 1990, tepatnya berganti menjadi PT melewati peraturan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992. Pada awal berganti menjadi PT, kepemilikan Bank Rakyat Indonesia 100% dikuasai oleh Pemerintahan Indonesia. Setelah itu, pada tahun 2003 pemerintah menjual sahamnya sebesar 30% dan nama bank tersebut berganti dengan nama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

 

Demikian Pembahasan Sejarah dan Perkembangan Bank Rakyat Indonesia dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)