9 Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Diposting pada
9 Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya
1 (20%) 1 vote

Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya – Sebelum melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop, perlu diperhatikan terlebih dahulu bagian-bagian yang terdapat pada mikroskop cahaya. Berikut ini bagian-bagian pada mikroskop, yaitu sebagai berikut:

9 Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Lensa Objektik

Lensa Objektik merupakan  lensa yang paling dekat dengan objek yang akan diamati. Lensa Objektif berfungsi untuk memperbesar objek 10X, 40X dan 100X. Lensa Objektif menempel pada bagian revolver. Revolver berfungsi untuk memindahkan lensa objektif yang akan digunakan.

Lensa Okuler

Lensa Okuler merupakan lensa yang berfungsi untuk memperbesar objek 5X, 10X dan 12,5X. Lensa okuler terletak dekat dengan mata pengamat. Mikroskop yang memiliki satu lensa okuler yang disebut dengan mikroskop monokuler, sedangkan mikroskop yang memiliki dua lensa okuler disebut dengan mikroskop binokuler.

Tabung Mikroskop

Tabung Mikroskop berfungsi untuk menghubungkan lensa okuler dengan lensa objektif

Makrometer

Makrometer berfungsi untuk memfokuskan objek yang akan diamati dengan menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop dengan cepat.

Mikrometer

Mikrometer berfungsi untuk memfokuskan objek yang akan diamati dengan menggerakkan lensa objektif scara perlahan atau halus.

Lensa Mikroskop

Lensa Mikroskop berfungsi untuk memegang mikroskop saat dibawa.

Penjepit Objek

Penjepit Objek berfungsi untuk menjepit preparat yang akan diamati agar kaca preparat tidak bergerak saat diamati.

Meja Objek

Meja Objek berfungsi untuk meletakkan kaca preparat yang akan diamati.

Berita Terkait  Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut 9 Para Ahli

Kondensor

Kondensor berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada objek,

Diafragma

Diafragma berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang akan masuk.

Cermin

Cermin pada mikriskop terdiri atas cermin datar dan cermin cekung. Cermin berfungsi untuk memantulkan cahaya ke dalam diafragma agar objek dapat terlihat dengan jelas.

Kaki Mikroskop

Kaki Mikroskop berfungsi untuk menjaga mikroskop agar dapat berdiri di atas meja.

Teknik penting yang harus diperhatikan saat menggunakan mikroskop, yaitu perbesaran dan daya resolusi atau daya urai. Perbesaran merupakan perbandingan ukuran citra objek dengan ukuran yang sebenarnya. Sedangkan resolusi merupakan ukuran kejelasan citra jarak minimum yang dapat memisahkan dua titik sehingga yang tampak oleh mata telanjang sebagai satu bintang di langit, mungkin jika diresolusi oleh teleskop dapat dilihat sebagai bintang kembar.

Jika ingin mengatahui siapa mencetus penemu mikroskop, silakan cek artikel ini yaitu Siapakah Penemu Mikroskop Pertama Kali.

Demikian Pembahasan Tentang 9 Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)