Pengenalan Rational Rose 2000

Diposting pada
Pengenalan Rational Rose 2000
5 (100%) 5 votes

Pendidikanmu – Rational Rose ialah sebuah perangkat pemodelan secara visual yang memiliki banyak kemampuan untuk pembentukan sistem berorientasi objek yang menggunakan Unified Modeling Language (UML). UML ialah bahasa pemodelan yang dapat digunakan secara luas dalam pemodelan bisnis, pemodelan perangkat lunak dari semua fase pembentukan dan semua tipe sistem dan pemodelan secara umum dari berbagai pembentukan / konstruksi yang memiliki dua perilaku yaitu baik statik maupun dinamis.

Tutorial ini akan membahas cara pemakaian Rational Rose dengan mengambil sebuah kasus untuk mempermudah pemahaman. Namun demikian tutorial ini bersifat sangat sederhana karena pemakaian perangkat lunak ini sangat ditentukan pada sistem yang akan dibangun dan variasinya. Tutorial ini dapat dianalogkan dengan kursus privat mengendarai mobil. Mobil adalah sebuah sarana transportasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dalam kursu privat hanya diajarkan bagaimana cara mengoperasikan, perpindahan gigi, gas, rem, light sign, klakson, dll. Kemahiran mengendarai ditentukan banyak jam pakai dengan berbagai kasus di jalan dan hal itu tidak diberikan dalam kursus privat tersebut.

Untuk mempermudah dalam memahami penggunaan rasional rose dalam tutorial ini disusun dengan urutan sebagai berikut:

Langkah Pertama dalam Rational Rose

Untuk membuat fil Rational Rose, buka aplikasi Rational Rose sehingga anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan seperti terlihat pada gambar 1, contohnya: jdk-12, jdk-116, jenterprise, jfc-11, Oracle Database, Rational Unified Process (RUP), VB6 Standard serta model-model yang lain. Model-model ini adalah pilihan apakah ingin membuat file Rational Rose yang mengandung komponen Java, Visual Basic atau Visual C++. Hal ini dibutuhkan ketika nanti akan melakukan generate code dari design yang telah dibuat.

Berita Terkait  Belajar Dasar HTML Terlengkap
Pengenalan Rational Rose 2000

Rational Unified Process (RUP) ialah pilihan yang tepat untuk membuat suatu design yang lengkap dengan cara mudah karena model ini merupakan template, sehingga kita dapat langsung melakukan perubahan dengan mengganti use case, actors, class diagram yang telah ada pada template RUP. Namun jika anda tidak ingin memilih salah satu dari model-model diatas anda dapat menekan tombol cancel. sehingga akan didapatkan tampilan seperti berikut ini:

Komponen Gui Rational Rose

Komponen utama GUI dari Rational Rose diperlihatkan pada gambar dibawah:

  1. Standard toolbar
  2. Browser
  3. Diagram windows
  4. Diagram toolbar
  5. Documentation windows
  6. Spesification
  7. Elemen Model (icon)

 

Rational Unified Process (RUP)

 

Demikian Pembahasan Pengenalan Rational Rose 2000 dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)