Pengertian Audit Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Audit Sistem Informasi Menurut Para Ahli
5 (100%) 5 votes

Pendidikanmu – Kata audit sudah umum dikenal di dunia perekonomian. Pada awalnya kata audit ini identik dengan pemeriksaan keuangan dilingkungan perbankan. Terdapat definisi para ahli tentang audit diantaranya adalah:

Pengertian Audit Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Audit Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli tentang audit sistem informasi, antara lain:

1. Alvin A. Arens dan James K.Loebbecke

“Auditing is the accumolatuin and evaluation of evidence about information to dtermine and report on the degree of correspondence between the information and establishe criteria. Examining ought to be finished by a skillful autonomous individual”.

Mengacu pada definisi diatas maka audit ialah pengumpulan dan evaluasi terhadap bukti untuk menentukan derajat kesesuaian anatar informasi dan criteria yang telah ditetapkan. Hal ini berarti dalam pelaksanannya evaluasi dilakukan mengacu pada sejumlah criteria tertentu untuk menentukan derajat kinerja yang telah dicapai.

2. Ron Weber (1999)

“SI Auditing is the process of collecing and evaluating evidence to determine whether a computer system safeguards assets, maintains data integrity, allows organizational goals to the achieved effectively and uses resources efficiently”.

Seperti halnya didefiniskan diatas bahwa audit SI ialah proses mengumpulkan dan mengevaluasi fakta untuk memutuskan apakah sistem komputer yang merupakan aset bagi perusahaan terlindungi, integritas data terpelihara, sesuai dengan tujuan organisasi untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya.

Tujuan Audit Sistem Infromasi

Proses audit sistem informasi dilakukan dengan tujuan akan tercapainya perbaikan atau peningkatan kinerja terkait dengan keamanan asset, integritas data serta efektifitas dan efisiensi penggunaan sistem.

Tujuan Audit Sistem Infromasi

Beberapa objek yang menjadi tujuan audit adalah meliputi:

a.) Objek Perlindungan Aset (Asset Safeguarding Objectives)

Aset SI didalam organisasi adalah HW, SW, fasilitas, user (konwledge), file data, dokumentasi sistem dan persediaan barang. Sebaiknya semua aset harus dilindungi oleh sistem pengendalian internal.

b.) Objek Integritas Data (Data Integrity Objectives)

Integriti data ialah konsep dasar didalam audit SI. Data terdiri dari atribut-atribut yang berisi: kelengkapan, dapat dipercaya, bersih dan benar. Jika integritas data tidak dipelihara, maka organisasi tidak akan mendapatkan represntasi data yang benar untuk suatu aktifitas, akibatnya organisasi tidak dapat berkompetisi.

c.) Objek Efektivitas Sistem (System Effectiveness Objectives)

Audit efektivitas sering dilakukan setelah sistem berjalan untuk beberapa waktu. Manajemen membutuhkan hasil audit efektivitas untuk mengambil keputusan apakah sistes terus dijalankan atau dihentikan sementara untuk proses modifikasi.

d.) Objek Efisiensi Sistem (System Efficiency Objectives)

Efisiensi SI dilakukan dengan cara menggunakan sumber daya minimum untuk menyelesaikan suatu tujuan objek. Variasi sumber daya terdiri dari mesin, waktu, peripheral, S/W sistem dan pekerja. Tujuan dari perlindungan aset, integritas data, efektivitas sistem dan efisiensi sistem dapat dicapat dengan baik jika manajemen organisasi meningkatkan sistem pengendalian onternalnya.

Sebagian besar tipe penyalahgunaan komputer adalah:

  • Hacking
  • Virus
  • Illegal Physical Access
  • Abouse of Privilages

Jenis Penyalah Gunaan Komputer

  1. Destruction of asset (perusahaan aset)
  2. Theft of asset (pencurian aset)
  3. Modification of asset (modifikasi aset)
  4. Privacy violaction (pelanggaran privasi)
  5. Discruption of Operations (pengacauan operasi)
  6. Unauthorized use of asset (penyalahgunaan otorisasi aset)
  7. Physical harm to personnel (kejahatan fisik terhadap personal)

 

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Audit Sistem Informasi Menurut Para Ahli dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

 

Berita Terkait  Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Faktor dan Penerapannya
Berita Terkait  Pengantar Proses Bisnis
Berita Terkait  Internet: Pengertian, Fungsi dan Manfaat Terbaru

One thought on “Pengertian Audit Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Comments are closed.