Pengertian dan Jenis-Jenis Erosi Terupdate

Diposting pada
Pengertian dan Jenis-Jenis Erosi Terupdate
5 (100%) 5 votes

Pendidikanmu – Erosi ialah peristiwa pengikisan tanah dan pemindahan tanah secara alami dari satu tempat ke tempat lain diakibatkan oleh transportasi angin, air, es maupun hujan dan pengaruh gravitasi bumi akibat aktivitas makhluk hidup.
Pengertian dan Jenis-Jenis Erosi Terupdate
Ada beberapa jenis-jenis erosi yang terbagi 4 bagian, seperti dibawah:

Ablasi

Ablasi ialah erosi yang disebabkan oleh air yang mengalir, seperti tumbahan air mineral, air hujan dan sebagainya. Air yang mengalir akan mengakibatkan banyaknya gesekan terhadap tanah yang dilaluinya secara bersamaan, akibat besarnya gesekan pada tanah tersebut, maka akan dipengaruhi oleh besarnya air yang mengalir.
Gesekan antara air dengan tanah, maka menyebabkan terjadinya pengikisan tanah tersebut. Pengikisan air terhadap tanah yang terjadi secara terus menerus, dapat berakibat fatal dengan mudah terjadi terbentuknya jurang ataupun sebuah ngarai air terjun yang sangat besar secara alami yang disebabkan oleh ablasi tersebut.
Erosi ablasi dibagi beberapa tingkatan kerusakannya, sebagai berikut:
  1. Erosi Percik
  2. Erosi Lembar
  3. Erosi Alur
  4. Erosi Parit

Abrasi

Abrasi ialah proses erosi pantai oleh besarnya gelombang air laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi bisa diartikan dengan kata erosi pantai. Kerusakan garis pantai yang diakibatkan oleh abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam disekitar pantai tersebut, sehingga abrasi bisa diartikan faktor gejala alami, namun manusialah yang sering merusak wilayah pantai tersebut. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi ialah dengan penanaman hutan mangrove dengan kesadaran sendiri maupun dari pemerintah.

Eksarasi

Eksarasi ini bisa disebut juga dengan istilah erosi es atau gletser. Erosi eksarasi ini disebabkan oleh es yang mencair dan terkikis masuk ke bawah dan akhirnya mengendap. Bentang alam yang dihasilkan oleh eksarasi ialah wilayah pantai ke arah barat dan dikeliling oleh tebing-tebing yang sangat curam yang terbentuk oleh eksarasi atau erosi gletser.

Deflasi

Deflasi ini bisa disebut juga dengan istilah erosi angin. Erosi ini kebanyakan terjadi diwilayah gurun. Erosi angin terhadap pasir dapat membuat  pasir tersebut mengendap menjadi bebatuan bukir pasir. Angin yang bertiup sangat kencang dapat mengikis batuan tersebut dan membawa ke daerah yang memiliki daerahnya angin rendah.

Dampat Akibar Erosi

Terdapat beberapa dampat yang diakibatkan oleh erosi, sebagai berikut:
  • Menipisnya lapisan permukaan tanah, maka akan menyebabkan permukaan tanah semakin menipis (degradasi lahan).
  • Menurunnya tanah yang tidak bisa menyerap air dengan baik dan mengakibatkan permukaan air akan meluap.
  • Dapat mengakibatkan banjir atau meluapnya sungai.
Demikian Pembahasan Tentang Pengertian dan Jenis-Jenis Erosi Terupdate dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)