Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Ciri dan Jenis Prosa

Diposting pada
Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Ciri dan Jenis Prosa
5 (100%) 6 votes

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Prosa? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian menurut para ahli, ciri dan jenis.

Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Ciri dan Jenis Prosa

Pengertian Prosa

Prosa ialah sebuah karya sastra yang berbentuk karangan bebas yang tidak terikat dengan aturan-aturan tulisan, misalnya rima dan irama.

Istilah kata prosa berasal dari bahasa latin “Prosa” yang memiliki arti yaitu “Terus Terang”. Jenis tulisan pada prosa umumnya digunakan untuk mendeskripsikan suatu ide atau suatu fakta, karena prosa biasanya digunbakan pada surat kabar, novel maupun majalah.

Pengertian Prosa Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat lima pendapat dari para ahli mengenai pengertian prosa, antara lain:

Menurut Wikipedia

Prosa ialah suatu macam tulisan yang diselisihkan dengan puisi karena ragam irama atau tempo yang dipunyai sangat besar dan tutur cakapnya yang sangat sesuai dengan makna leksikalnya.

Menurut H.B. Jassin

Prosa ialah pelisanan seseorang pengarang dengan gagasan atau ide yang berbeda dengan puisi yang sebagai pelisanan seseorang pengarang dengan pendirian.

Berita Terkait  Pengertian Debat, Macam, Ciri, Aturan, Unsur dan Tujuannya

Menurut Zainuddin

Prosa ialah ekspose kejadian secar nyata dengan penjelasan semua gagasan atau ide dan juga semua pendirian serta tidak terjalin dengan peraturan-peraturan spesifik dalam sebuah kreasi sastra.

Menutur Aminuddin

Prosa ialah cerita atau kisah yang diemban oleh tokoh spesifik dengan mencermati, kerangka, langkah dan hubungan.

Menurut M. Saleh Saad Dan Anton M. Muliono

Prosa ialah suatu bentuk kisah atau cerita jalan cerita yang diperoleh oleh ketajaman fantasi.

Ciri Ciri Pada Prosa

Dibawah ini terdapat beberapa ciri ciri prosa, antara lain:

  1. Bentuk bebas, ialah prosa yang tidak terikat dengan aturan pada tulisan seperti rama dan irama, karena prosa biasanya berbentuk paragraf misalnya novel dan sebagainya.
  2. Bahasa prosa bisa terpengaruh dan tidak terpengaruh bahasa asing, bahasa yang digunakan pada karya sastra prosa bisa terpengaruh oleh bahasa asing dan bahasa asing pun ada yang tidak terpengaruh.
  3. Tema, prosa juga memiliki sebuah tema yang pada dasarnya terjadi konflik pada cerita.
  4. Pengarang, prosa memilik nama pengarang yang setiap dia buat dan ada juga prosa yang tidak memiliki pengarang.
  5. Memiliki aktor, tentu saja prosa memiliki tokoh atau peran dalam cerita yang akan diceritakan.
  6. Memiliki latar belakang, prosa juga memiliki latar belakang kerjadian pada tokoh maupun pembacanya.

Jenis Jenis Pada Prosa

Dibawah ini terdapat 2 jenis jenis pada prosa, antara lain:

Prosa Lama

Prosa Lama ialah suatu karya sastra yang belum terpengaruhi oleh sastrawan dari kebudayaan bangsa asing. Karya sastra prosa lama disampaikan melalui lisan, karena bentuknya belum berupa tulisan. Setelah kebudayaan dan agama Islam mulai masuk ke wilayah Indonesia, masyarakat terutama Indonesia menjadi akrab dengan tulisan dan dari situlah tulisan pun mulai banyak dikenal dikalahan sastrawan prosa.

Berita Terkait  Definisi Perubahan Sosial Budaya Di Indonesia

Berikut jenis jenis dalam prosa lama, sebagai berikut:

  • Hikayat

Hikayat ialah sebuah karya fiktif yang menceritakan kehidupan para raja-raja yang memiliki kekuatan spriritual gaib yang sangat besar. Contohnya: Hikayat sang Raja Bijak, Hikayat Si Pitung dan sebagainya.

  • Sejarah

Sejarah ialah bentuk prosa lama yang menceritakan kejadian yang diambil dari peristiwa sejarah. Cerita yang diambil dalam sejarah bisa dibuktikan dengan fakta-fakta sejarah. Selain cerita peristiwa sejarah, prosa lama pun mengambil cerita tentang silsilah raja-raja. Contohnya: Sejarah raja Majapahit karya mpu Prapanca.

  • Kisah

Kisah ialah sebua cerita tentang perjalanan seorang dari satu tempat ke tempat lainnya.

  • Dongeng

Dongeng ialah sebuah cerita khayalan. Dongeng terdapat beberapa ragam antara lain:

  1. Fabel
  2. Mitos
  3. Legenda
  4. Sage
  5. Parabel
  6. Dongeng Jenaka
  • Cerita Bingkai

Cerita bingkai ialah cerita yang isinya terdapat cerita tentang para pelaku-pelakunya.

Prosa Baru

Prosa baru ialah bentuk karangan prosa yang memperoleh pengaruh dari kebudayaan bangsa asing. Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis prosa baru, sebagai berikut:

  • Roman

Roman ialah bentuk prosa yang menceritakan melalui kehidupan para tokoh utama dalam suka maupun duka. Dalam roman, tokoh utama menceritakan dari masa anak-anak hingga sampai menjadi dewasa atau akhir hayatnya. Roman bisa juga menceritakan suatu adat kehidupan masyarakat sekitar secara menyeluruh.

  • Novel

Novel ialah bentuk prosa yang menceritakan melalui lukisan sebagai kehidupan tokoh utama yang mengandung konflik.

  • Cerpen

Cerpen ialah bentuk prosa yang menceritakan sedikit kehidupan para tokoh utama yang memiliki konflik atau pertikaian yang tidak menyebabkan nasib para tokoh utamanya.

  • Riwayat

Riwayat ialah suatu karangan bentuk prosa yang berisi pengalaman kehidupan para tokoh utama atau pengarang sejak anak-anak hinga sampai dewasa.

  • Kritik

Kritik ialah suatu karya yang mengutarakan pertimbangan baik maupun buruk terhadap hasil karya dengan alasan tertentu.

  • Resensi

Resensi ialah ulasan suatu karya yang isinya bersifat memaparkan pembaca untuk mengetahui karya tersebut dari aspek tema, watak, alur dan seterusnya.

  • Esai

Esai ialah ulasan suatu masalah secara sekilas berdasarkan sudut pandang pengarang yang isinya berupa renungan, hikmah kehidupan, tentang budaya, politik dan sebagainya.

Berita Terkait  Makna Tentang Kedaulatan Rakyat

 

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Ciri dan Jenis Prosa dari Pendidikanmu