Pengertian Sumsum Tulang Belakang, Bagian dan Fungsinya

Diposting pada
Pengertian Sumsum Tulang Belakang, Bagian dan Fungsinya
5 (100%) 6 votes

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Sumsum Tulang Belakang? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, bagian dan fungsinya.

Pengertian Sumsum Tulang Belakang, Bagian dan Fungsinya

Pengertian Sumsum Tulang Belakang

Sumsum Tulang Belakang ialah saraf pipih yang menjadi ekstensi dari sistem saraf inti dari otak dan melingkupi serta dibentengi oleh tulang belakang. Fungsi utama sumsum tulang belakang ialah pengangkutan penghasilan rangsangan antara periferi dan otak. Fungsi lain sumsum tulang belakang yakni mengatur gerakan spontan, tergolong gerakan spontan pada mata, hidung dan sebagainya.

Sumsum tulang belakang dibalut oleh membran meninges. Apabila disimak secara horizontal, sumsum tulang belakang bagian luar kelihatan berwarna putih dan bagian dalam berupa kupu-kupu yang berwarna abu-abu.

Pada bagian yang berwarna putih banyak menyimpan neurit yang dibungkus myelin. Bagian tersebut untuk menggeletakkan impuls mengarah ke otak dan dari otak mengarah ke efektor.

Bagian yang berwarna abu-abu menyimpan serat saraf yang tidak terdapat mielinnya. Bagian tersebut dibedakan menjadi dua yakni pangkal dorsal ataupun pangkal posterior dan pangkal ventral ataupun pangkal anterior. Pangkal dorsal menyimpan neuron sensorik dan pangkal ventral menyimpan neuron motorik.

Bagian Sumsum Tulang Belakang

Medula Spinalis atau Sumsum Tulang Belakang ialah himpunan saraf berbentuk silinder yang berangkat dari otak bagian bawah kemudian membujur menelusuri saluran tulang belakang. Sumsum tulang belakang terbagi menjadi sebagian irisan, tiap-tiap irisan mempunyai selaras pangkal saraf di kanan dan kiri. Pangkal saraf depan ataupun pangkal saraf eferen bekerja sebagai motorik, sementara pangkal saraf belakang ataupun pangkal saraf aferen bekerja sebagai sensorik.

Irisan-irisan pada sumsum tulang belakang dikategorikan menjadi beberapa zona, dengan barisan dari atas sampai ke bawah yakni sebagai berikut:

  • Leher terdiri atas 8 pangkal saraf
  • Dada terdiri atas 12 pangkal saraf
  • Perut terdiri atas 5 pangkal saraf
  • Pelvis terdiri atas 5 pangkal saraf
  • Tulang ekor terdiri atas 1 pangkal saraf

Dari setiap lapisan zona tersebut, maka serat saraf akan meluas ke bagian tubuh dan sel-sel tertentu searah dengan lapisannya. Contohnya ialah saraf torak berguna mensarafi bagian dada, kulit, urat-urat pernafasan dan sel-sel di dalamnya.

Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari medula spinalis, yakni sebagai berikut:

  1. Menghubungkan impuls dari indera menuju ke otak
  2. Menghubungkan impuls dari otak menuju ke indera
  3. Menghubungkan otak dengan semua tubuh
  4. Menjadi inti gerak spontan dan memberi keleluasaan jalan sekilas gerak spontan

 

Demikian Pembahasan Pengertian Sumsum Tulang Belakang, Bagian dan Fungsinya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

 

Berita Terkait  Pengertian Virus Terbaru
Berita Terkait  Tumbuhan Berbiji: Ciri, Habitat, Klasifikasi dan Manfaat
Berita Terkait  Pengertian Fermentasi, Sejarah, Macam, Serta Reaksi Fermentasi