Sistem Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Diposting pada
Sistem Reproduksi Wanita dan Fungsinya
5 (100%) 11 votes

Pendidikanmu – Reproduksi wanita ialah organ yang menganggap bagian dalam perkembangan baik yang berarti untuk mereproduksi keturunan. Jadi seseorang agar dapat memiliki anak-anak, maka harus memiliki organ reproduksi dan dalam keadaan normal. Alat reproduksi terbagi dua bagian, yaitu antara lain:

Sistem Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Alat Reproduksi (Genetalia) Luar

Dari pandangan Genetalia terdapat enam bagian luar reproduksi wanita, yaitu:

a. Mons Veneris

Mons veneris ialah bagian yang menutupi tulang pubis (simfisis pubis). Segmen ini dibuat oleh jaringan berminyak dengan jaringan ikat minimal. Mons Veneris yakni tambahan teratur dikenal dengan nama tumpukan Venus, ketika daerah dewasa mons veneris diamankan oleh rambut kemaluan dan struktur contoh seperti segitiga terbalik.

b. Labia Mayora (Bibir Besar Kemaluan)

Seperti namanya, segmen ini terbentuk seperti bibir. Labia Mayora ialah sedikit didorong dari mons veneris lonjok dibentuk, menuju dan bersama-sama membentuk lonjong. Di luar Labia Mayor dibuat oleh jaringan berminyak, organ keringat, mengingat dewasa biasanya dijamin dengan rambut kemaluan yang rambut dari mons veneris. Sementara lapisan berminyak telanjang, namun memiliki banyak ujung saraf sehingga sensitif di tengah seks.

c. Labia Minora (Bibir Kecil Kemaluan)

Labia Minora organ lipat dibentuk terletak di Labia Mayora. Alat tersebut tidak memiliki rambut, yang terbuat dari jaringan berminyak, dan memiliki banyak pembuluh darah yang dapat dikembangkan sementara memperluas gairah seks. Sedikit bibir kemaluan meliputi lubang vaginanya (membuka kemaluan). Labia Minora sangat mirip kulit skrotum pada laki instrumen Reproduksi.

Berita Terkait  Pengertian dan Ciri-Ciri Tumbuhan Paku

d. Klitoris

Klitoris ialah organ ereksi yang sangat halus untuk rangsangan di tengah hubungan intim. Klitoris memiliki banyak pembuluh darah dan ujung saraf ada banyak, maka organ ini sangat sensitif dan ereksi. Klitoris sederhana dengan Penis di alat repduksi pria.

e. Vestibulum

Vestibulum ialah lubang kemaluan dibatasi oleh labia minora di sisi kiri dan kanan, dibatasi oleh klitoris di atas, dan dibatasi oleh pertemuan dua labia minora di belakang tersebut.

  • Vestibulum ialah sebuah bermuaranya
  • Uretra (saluran kemih)
  • Muara Vagina (liang Coitus)

Setiap dua lubang saluran Borgan artholin dan Skene (organ ini seperti cairan, misalnya, cairan tubuh ketika koneksi persiapan untuk mendorong bagian penis)

f. Himen (Selaput Dara)

Selaput dara merupakan lapisan sedikit yang menutupi lapisan vagina. Selaput dara robek sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sudut pandang untuk mengevaluasi keperawanan. Teratur selaput dara memiliki bukaan yang agak luas yang dibentuk seperti lingkaran. Selaput dara adalah rilis atau darah menstruasi. Saat Berhubungan seks mengejutkan selaput dara biasanya akan robek dan sekarat. Dalam bangun dari hamil keturunan sisa hanya untuk ditinggalkan dari selaput dara yang disebut caruncula Hymenalis (caruncula mirtiformis).

Alat Reproduksi (Genetalia) Dalam

Dari pandangan Genetalia terdapat enam bagian dalam reproduksi wanita, yaitu:

a. Vagina

Vagina ialah musculo membranasea (selaput otot) yang interface rahim dengan dunia luar. Vagina memiliki panjang sekitar 8-10 cm, terletak antara kandung kemih dan rektum, memiliki pembagi yang overlay – kali lipat, lapisan eksternal selaput lendir, lapisan tengah terbuat dari otot-otot, dan lapisan terdalam sebagai jaringan ikat berotot. Vagina berfungsi sebagai saluran konsepsi, sebagai metode untuk seks dan sebagai saluran untuk menguras darah dan cairan tubuh di tengah siklus feminin.

Berita Terkait  Pengertian dan Jenis-Jenis Pencemaran

Otot-otot vagina didapat dari otot levator ani dan sphingter (pantat otot atau rektum), sehingga otot dapat dikontrol dan siap. Vagina tidak memiliki organ yang dapat memberikan cairan, namun membasahi cairan kelenjar yang berasal dari organ-organ yang ditemukan di dalam rahim.

b. Uterus (rahim)

Rahim ialah organ kosong yang dibentuk seperti buah pir dengan berat sekitar 30 gram, dan terbuat dari lapisan otot. Ruang di dalam rahim (uterus) yakni segitiga cocok sebagai dengan atas yang lebih luas. Kapasitasnya sebagai posisi pengembangan dan kemajuan embrio. Otot rahim fleksibel dengan tujuan yang dapat menyesuaikan diri dan menjaga prosedur kehamilan ketika bayi selama 9 bulan.

Pada endometrium rahim ialah (lapisan rahim) terbuat dari sel-sel epitel dan paling rahim. Lapisan endometrium menebal di tengah ovulasi dan akan membusuk di tengah siklus feminin. Untuk menjaga posisi rahim didukung oleh ligamen dan jaringan ikat.

Uterus memiliki beberapa bagian, yaitu:

  • Korpus Uteri – bagian yang dibentuk seperti segitiga di bagian atas
  • Serviks Uteri – bagian yang dibentuk seperti sebuah ruangan
  • Fundus Uteri – yang merupakan bagian dari korpus yang terletak di atas dasar tuba fallopi

Pada sebuah persalinan, rahim ialah saluran konsepsi penting dengan alasan bahwa otot memiliki kapasitas mendorong embrio keluar, dan tambahan otot rahim dapat menutupi pembuluh darah untuk mencegah pengeringan setelah persalinan. Setelah persalinan, rahim akan kembali ke bentuk yang unik di sekitar 6 minggu.

c. Tuba Fallopi (Oviduk)

Tuba fallopi ialah organ yang bergabung dengan uterus (rahim) dengan (Ovarium). Tuba fallopi (saluran telur) ialah juga sering disebut saluran telur dalam pandangan bentuknya seperti saluran. Organ ini menambahkan hingga dua dengan panjang 8-20 cm. Saluran tuba berfungsi untuk:

  • Sebagai spermatozoa saluran dan ovum
  • Ovum penangkap
  • Bisa jadi posisi originasi (pengobatan)
  • Selanjutnya pengembangan originasi sebelum memiliki kapasitas untuk masuk ke dalam uterus (rahim).
Berita Terkait  Pengertian Tumbuhan Dikotil Beserta Contohnya

Tuba Fallopi (Oviduk) terdiri dari 4 bagian:

  • Infundibulum, ialah yang dibentuk seperti segmen saluran yang terletak di dasar dan memiliki fimbriae. Fimbriae berfungsi untuk menangkap sel telur
  • Pars ampularis, ialah khususnya lebar bit yang merupakan tempat pertemuan sel telur dengan sperma (Conception / pengobatan)
  • Pars ismika, ialah titik fokus dari tabung terbatas
  • Pars interstitial, ialah yang merupakan bagian dari tabung yang ditemukan di dekat ke rahim.

d. Ovarium (indung telur)

Ovarium ialah organ regeneratif mendasar dalam wanita yang berfungsi untuk memberikan ovum (sel telur) dan pembuat hormon seks prinsip. Oval ovarium, dengan panjang 2,5-4 cm. Ada beberapa ovarium terletak di hak dan kiri, dan bergabung dengan uterus dengan tuba falopi. Pada umumnya setiap ovarium pada wanita yang telah memiliki 300.000 pubertas awal, dan sebagian besar dari ini kekecewaan perkembangan sel sederhana, dirugikan atau menggigit debu, sehingga biji suara yang ada di sekitar 300-400 telur benih awal dan 1 ovum yang dikeluarkan seperti jam oleh ovarium kiri dan kanan di sisi lain melalui prosedur periode, sehingga ketika telur benih dilakukan, menopause. Ovarium tambahan memberikan hormon estrogen dan progesteron menganggap bagian selama waktu yang dihabiskan siklus bulanan.

 

Demikian Pembahasan Sistem Reproduksi Wanita dan Fungsinya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

4 thoughts on “Sistem Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Comments are closed.