Pengertian Reboisasi, Fungsi, Manfaat dan Dampak Tidak Dilakukan

No ratings yet.

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Reboisasi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, fungsi, manfaat dan dampak tidak dilakukan.

Pengertian Reboisasi, Fungsi, Manfaat dan Dampak Tidak Dilakukan

Pengertian Reboisasi

Reboisasi merupakan sebuah penanaman kembali hutan yang sebelumnya sudah ditebang, hutan tandus atau hutan yang gundul. Reboisasi tersebut sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia.


Mengapa Reboisasi Dilakukan

Dari waktu ke waktu kawasan hutan dunia menyusut secara dramatis. Di Indonesia saja dalam jangka waktu 4 tahun, terhitung dari 2009-2013, sudah kehilangan 4,6 juta hektar wilayah hutan yang setara dengan luas Provinsi Sumatera Barat. Deforestasi ini disebabkan oleh kebakaran hutan, pembukaan lahan untuk pertanian, pertambangan, pemukiman dan infrastruktur.

Sementara itu keahlian alam untuk memulihkan dirinya sendiri tidak secepat laju deforestasi. Oleh karena itu perlu tindakan manusia untuk menjalankannya, disamping memperlambat laju deforestasi lainnya. Reboisasi tidak hanya berupa penghutanan areal untuk tujuan konservasi, melainkan juga untuk kegiatan produksi hasil hutan.

Sebelumnya hutan-hutan alam di Indonesia dipanen begitu saja tanpa menghiraukan penanaman kembali. Hutan dibiarkan untuk memulihkan dirinya sendiri. Namun sejak tahun 1990-an hutan alam sudah tidak memungkinkan untuk mendukung keperluanhasil hutan. Atas dasar keluar aturan mengenai hutan tanaman industri.

Fungsi Reboisasi

Dibawah ini terdapat beberap fungsi dari reboisasi, antara lain Sebagai berikut:

  1. Sebagai pelestarian Sumber Daya Alam, unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan juga memilki peluangdalam memenuhi keperluan manusia, yang bertujuan untuk bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya. Maka perbuatan eksploitasi tersebut harus disertai dengan peraturan didalam memanfaatkan dan juga melestarikan dari sumber daya alam.
  2. Untuk menanggulangi pencemaran lingkungan, pencemaran lingkungan hidup khususnya pencemaran pada udara karena polusi asap kendaraan bermotor serta jgua pabrik industri, dengan tingginya pengguna kendaraan bermotor serta aktivitas industri seperti pabrik dan juga pertambangan sudah banyak yang merusak ekosistem hidup, Oleh karena itu harus dilakukan (reboisasi) atau penanaman kembali atau untuk saat ini lebih dikenal dengan dengan kegiatan Go Green yang dilakukan dalam upaya dapat mencegah atau mengatasi global warming.

Manfaat-Manfaat Reboisasi

Dibawah ini terdapat beberap manfaat-manfaat dari reboisasi, antara lain Sebagai berikut:


Manfaat Protektif

Seperti dengan namanya, manfaat pohon salah satunya juga bisa digunakan sebagai pelindung terutama untuk manusia. Pelindung di sini adalah bisa menahan angin kencang, sinar matahari secara langsung, peredam suara dan penahan debu. Manfaat lainnya adalah dapat melindungi manusia dari terjangan banjir, erosi dan tanah longsor.


Manfaat Secara Higenis

Manfaat pohon secara higenis ini sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Pohon mampu menyerap berbagai racun dan karbondioksida serta bebagai polusi lainnya di udara serta menggantinya dengan oksigen dari hasil fotosintesisnya sehingga kualitas udara akan menjadi lebih baik. Selain itu akar pohon juga bisa menjadi penyaring air sehingga air yang telah disaring tersebut dapat layak konsumsi oleh manusia.


Manfaat Secara Edukatif

Pohon juga bisa dijadikan sebagai objek dalam penelitian dalam laboratorium maupun di luar. Jadi, pohon bisa menjadi media pembelajaran bagi beberapa materi di beberapa mata pelajaran yang ada.


Manfaat Secara Rekreatif

Selain bisa memberikan berbagai manfaat yang besar bagi manusia, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pohon adalah bisa menjadi salah satu sarana rekreasi. Misalnya saja di kebun raya bogor dimana di dalamnya terdapat berbagai tanaman dari berbagai daerah dan negara serta bisa menjadi tempat rekreasi bagi manusia.


Manfaat Secara Ekonomis

Pohon juga memiliki manfaat secara ekonomi, salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan bagian dari pohon seperti buah, daun, batang, akar, dan lainnya sebagai salah satu komoditas perdagangan yang menghasilkan nilai ekonomis tinggi. namun kondisi terssebut harus selalu dikombinasikan dengan usaha penyelamatan pohon bukan malah mengeksploitasi ya!


Manfaat Hidrologis

Salah satu manfaat yang bisa diambil dari pohon merupakan bisa menyimpan cadangan air yang ada di dalam tanah. Semakin banyak pohon yang ditanam maka kapasitas air yang disimpan di dalam tanah akan semakin banyak pula dan hal ini akan sangat bermanfaat bagi manusia karena bisa memberikan cadangan air saat musim kemarau dan juga bisa menhindarkan banjir serta penyebab pemanasan global.


Dampak Tidak dilakukannya Reboisasi

Dibawah ini terdapat beberapa dampak apabila tidak dilakukannya reboisasi, antara lain sebagai berikut:


Banjir

Salah satu fungsi penting dari pohon adalah untuk menyimpan air di dalam tanah, jadi, apabila tidak ada yang menyimpan tanah di dalam air maka air akan mengalir dengan leluasa dan menjadi penyebab banjir. Banjir bandang juga bisa terjadi dengan mudah jika hutan gundul.


Tanah Longsor

Selain banjir, tidak adanya pohon juga bisa menyebabkan penyebab tanah longsor. Keadaan tersebut didampakkan karena tanah tidak ada yang menahan sehingga menjadi lunak dan mudah terbawa oleh air. Bencana ini seringkali memakan banyak korban jiwa dan materi.


Punahnya Spesies Hewan dan Tumbuhan

Selain karena perburuan, kejadian punahnya hewan dan tumbuhan juga didampakkan karena pembalakan liar dan penebangan pohon dimana pohon tersebut menjadi tempat tinggal bagi beberapa spesies hewan dan tumbuhan. Apabila hewan dan tumbuhan di muka bumi tersebut hilang maka punahnya manusia juga tinggal menunggu waktu saja karena manusia juga tidak bisa hidup tanpa mereka ini, sehingga manusia harus mempunyai cara melestarikan hewan dan tumbuhan.

 

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Reboisasi, Fungsi, Manfaat dan Dampak Tidak Dilakukan dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

 

[spoiler title=’Berita Artikel Lainnya:’ style=’default’ collapse_link=’false’]

[/spoiler]

Please rate this