Pengertian, Sejarah, Peran, Tugas, Kegiatan dan Layanan BMKG

Diposting pada
Pengertian, Sejarah, Peran, Tugas, Kegiatan dan Layanan BMKG
5 (100%) 6 votes

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi BMKG? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, sejarah, peran, tugas, kegiatan dan layanan.

Pengertian, Sejarah, Peran, Tugas, Kegiatan dan Layanan BMKG

Pengertian BMKG

BMKG adalah badan pemerintah non kementerian Indonesia yang memiliki tugas untuk melakukan tugas pemerintahan di bagian meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Sejarah BMKG

Sejarah observasi meteorologi dan geofisika di Indonesia sejak tahun 1841 yang didahului dengan observasi yang dilaksanakan secara individu oleh ilmuwan Dr. Onnen, Kepala Rumah Sakit di Bogor. Tahun demi tahun, aktivitas peningkatan bersamaan dengan semakin dilaksanakannya data hasil observasi iklim dan geofisika.

Seorang ilmuwan yang bernama Dr. Bergsma melakukan aktivitas observasi yang diresmikan pada tahun 1866 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan nama Magnetisch en Meteorologisch Observatorium.

Dalam sejarah Pertumbuhannya, BMKG mendapati beberapa peralihan nama. Sekitar tahun 1942 sampai 1945 nama badan meteorologi dan geofisika diubah berupa Kisho Kauso Kusho (pada masa penguasaan jepang). Sesudah Indonesia merdeka, lalu badan tersebut dibelah menjadi dua bagian, yaitu departemen Meteorologi yang berada di lingkungan basis Tertinggi Tentara Rakyat Indonesia (TRI) dan kedudukn Meteorologi dan Geofisika, di bawah departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga. Sampai akhirnya sekitar tahun 1950 Indonesia secara formal masuk menjadi peserta badan Meteorologi Dunia.

Badan Meteorologi dan Geofisika diganti namanya berupa Badan Meteorologi dan Geofisika sekitar tahun 1955. Badan tersebut berada di bawah kepemimpinan kementerian Pertahanan. Namun, sekitar tahun 1960 namanya dikembalikan semula dari awal menjadi badan Meteorologi dan Geofisika yang berada di bawah kepemimpinan kementerian Perhubungan Udara.

Berita Terkait  Pengertian dan Jenis-Jenis Pencemaran

Sekitar tahun 1965, namanya diganti kembali sebagai Direktorat Meteorologi dan Geofisika dan sekitar tahun 1972 menjadi titik sentral Meteorologi dan Geofisika yang berada dibawah kepemimpinan kementerian Perhubungan. Sekitar tahun 1980 kembali lagi diubah menjadi nama lembaga Meteorologi dan Geofisika.

Melewati Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2008, lembaga Meteorologi dan Geofisika berupa nama menjadi lembaga Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan kedudukan regular berupa Lembaga Pemerintah Non Kementerian.

Peran BMKG

Badan dewan Besar Meteorologi dan Geofisika kawasan II diregularkan dengan hasil Kapal lembaga Meteorologi dan Geofisika Nomor: KEP. 005 Tahun 2004 tanggal 5 Oktober 2004, antara lain:

Status dewan Besar Meteorologi dan Geofisika kawasan II merupakan biro pengelola Teknis di lingkungan Lembaga Meteorologi dan Geofisika yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepemimpinan kepada kepala Lembaga Meteorologi dan Geofisika.

Dewan Besar Meteorologi dan Geofisika kawasan II memiliki tugas melakukan observasi, akumulasi dan penyaluran data, pengaturan analisis dan prediksi serta penelitian dan kerja sama, kooperasi dan fasilitas meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika.

Dalam melakukan tugasnya sehari-hari, dewan Besar Meteorologi dan Geofisika kawasan II secara manajerial dikelola oleh Sekretariat Utama dan secara teknis operasional dikelola oleh tiap-tiap delegasi sesuai dengan bagian tugasnya.

Struktur badan dewan Besar Meteorologi dan Geofisika kawasan II Ciputat terdiri atas Bagian Tata Usaha, Bidang Observasi, Bidang Data dan Informasi dan Kelompok Jabatan Fungsional. Dalam sehari-hari, dewan Besar Meteorologi dan Geofisika kawasan II yang melingkupi 11 provinsi dan sebagai pemimpin markas di Provinsi Banten.

Kegiatan BMKG

Dibawah ini aktivitas umum dewan Besar Meteorologi dan Geofisika kawasan II dalam mengadakan tugasnya, antara lain:

  1. Pengorganisasian observasi, akumulasi dan penyaluran data, pengaturan analisis dan prediksi serta penelitian dan kerja sama di bagian BMKG.
  2. Pembentukan agenda dan program aktivitas dewan Besar.
  3. Pengoperasian penelitian dan kerja sama, serta observasi di bagian BMKG.
  4. Akumulasi, pengaturan analisis dan prediksi lokasi serta penyaluran data dan informasi di bagian BMKG. Pencantuman, pemeliharaan, kerja sama dan pemulihan peralatan BMKG serta komunikasi pemancar di lokasinya
  5. Perkiraan dan pembentukan liputan aktivitas dewan.
  6. Pengoperasian aktivitas administrasi dan kerumah persepsi dewan.
  7. Pengoperasian tugas dan aktivitas umum tersebut pelaksanaan melewati pengadaan layanan guna membantuk keselamatan penerbangan dan pelayaran, penanganan bencana alam, penanganan pencemaran udara, pembangunan pertanian dan penyediaan pangan.
Berita Terkait  Sistem Ekskresi Pada Manusia

Layangan Terhadap Masyarakat

dibawah ini terdapat beberapa fasilitas mengenai masyarakat, antara lain:

  • Melindungi dan mengerti gejala BMKG maksudnya melakukan operasional observasi dan akumulasi data secara berkala, komplet dan teliti untuk digunakan tentang dan mengerti ciri-ciri faktor BMKG guna membuat prediksi dan informasi yang teliti kepada masyarakat.
  • Pengadaan data, informasi dan layanan BMKG kepada masyarakat sesuai dengan keperluan dan kepentingan mereka dengan fase teliti tinggi dan tepat waktu.
  • Mengatur dan Melayani aktivitas sesuai dengan kekuasaan BMKG, kemudian BMKG wajib memonitor penerapan operasional, memberi petunjuk teknis, serta berkuasa untuk mengalibrasi peralatan BMKG sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  • Berperan serta aktif dalam aktivitas internasional, maksudnya BMKG dalam melakukan aktivitas secara operasional selalu memulai pada keputusan internasional memperingati bahwa gejala BMKG tidak terhitung dan tidak tergantung pada pemisah lokasi suatu negara mana pun.

 

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, Sejarah, Peran, Tugas, Kegiatan dan Layanan BMKG dari Pendidikanmu