Contoh Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur dan Kaidah

5/5 (1)

Contoh Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur dan Kaidah


Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Teks Eksposisi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: contoh, pengertian, ciri, tujuan, struktur dan kaidah.

Contoh Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur dan Kaidah

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah paragraf yang terisi beberapa informasi dan ilmu pengetahuan yang disediakan secara singkat, padat dan akurat. Teks eksposisi tersebut bersifat ilmiah ataupun sanggup dikatakan non fiksi.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri teks eksposisi, antara lain:

    1. Menguraikan mengenai informasi-informasi ilmu pengetahuan
    1. Bentuk informasi yang membujuk.
    1. Penyampaian secara sederhana dan menggunakan bahasa yang baku.
    1. Tidak berpihak, maksudnya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca.
  1. Fakta digunakan sebagai alat bantuan dan alat kontritasi.

Tujuan Teks Eksposisi

Memberitahukan secara jelas dan terang kepada pembaca atau penyimak sehingga tidak terjadi perbedaan penerimaan kepada setiap penyimak atau setidaknya meminimalisir perbedaan penerimaan informasi yang ada. Selain itu, apalagi tujuan teks eksposisi?

Tujuan lainnya adalah supaya karangan tersebut dapat membuat pembaca tertarik untuk terus membaca karangan tersebut (mendukung bentuk teks lain seperti argumentatif dan banyak lagi).


Struktur Teks Eksposisi

Dibawah ini terdapat beberapa struktur teks eksposisi, antara lain:


  • Pembukaan

Dalam suatu teks eksposisi, bagian pembukaan adalah suatu bagian yang isinya memuat tentang pandangan awal penulis ketika menempatkan topik dalam suatu rangkaian yang relevan. Pandangan awal ini sifatnya opsional, artinya boleh ada boleh tidak.


  • Tesis (Pendapat)

Tesis dalam struktur teks eksposisi adalah suatu bagian yang berisi pendapat penulis atau orang lain terkait topik yang dipermasalahkan dalam teks eksposisi. Bagian tesis menjadi tempat gagasan utama atau prediksi dari penulis terkait permasalahan yang dilandasi fakta. Bagian ini juga berfungsi sebagai tempat bagi penulis untuk; setuju atau tidak, boleh atau tidak boleh, halal atau haram, dan sejenisnya. Di bagian inilah pendirian penulis diperlihatkan.


  • Argumen

Dalam sebuah teks eksposisi, bagian argumen ini memuat alasan berupa bukti yang dapat mendukung tesis penulis. Berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya lewat pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Bagian ini di tandai dengan kalimat-kalimat yang menyatakan pendapat penulis terkait permasalahan yang menjadi topik pembicaraan.


  • Penutup

Bagian penutup dalam teks eksposisi biasanya berupa penguatan atau penegasan kembali tesis (pendapat) yang dikemukakan oleh penulis namun dengan kalimat yang berbeda. Pendapat ini telah ditunjang sebelumnya oleh keseluruhan fakta dalam bagian argumentasi.


Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Dibawah ini terdapat beberapa jenis-jenis teks eksposisi, antara lain:


  • Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi atau karangan eksposisi yaitu paragraf yang menerangkan sesuatu dengan cara membatasi sesuatu (objek bahasan) sehingga sesuatu itu beda dengan yang lain.


  • Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses atau karangan eksposisi proses adalah teks yang memaparkan sesuatu dengan langkah langkah atau step by step sehingga sesuatu itu jelas. Umumnya teks eksposisi proses digunakan dalam menjelaskan cara membuat atau melakukan sesuatu.


  • Eksposisi Klasifikasi

Pengertian teks eksposisi klasifikasi adalah karangan teks yang memaparkan sesuatu dengan mengelompokkan sesuatu agar sesuatu tersebut dapat tergambarkan jelas.


  • Eksposisi Ilustrasi

Pengertian teks eksposisi ilustrasi adalah teks yang digunakan untuk mengambarkan sesuatu dengan menerangkan bagian bagian yang menyusun sesuatu tersebut. Ada pula teks eksposisi yang menerangkan dua hal sekaligus untuk menunjukkan hubungan, bukan membandingkan.


  • Ekskposisi Perbandingan

Pengertian teks eksposisi perbandingan adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu dengan jalan membandingkannya dengan sesuatu yang lebih dapat dipahami. Ini berbeda dengan analog.


  • Eksposisi Laporan

Pengertian teks eksposisi laporan adalah teks yang digunakan dalam menceritakan suatu peristiwa secara komprehensif, menyeluruh dan mendetail.


Kaidah Teks Eskposisi

Dibawah ini terdapat 3 kaidah dalam teks eksposisi, antara lain:


  • Konjungsi

Konjungsi adalah bentuk kata penghubung yang biasa digunakan pada teks jenis eksposisi. Kata penghubung ini sendiri begitu banyak, ada yang menunjukkan waktu, gabungan, penjelasan, perbandingan , dan beberapa jenis kata lainnya. Misalnya kata penghubung waktu berupa “Setelah, Kemudian, Lalu”, serta kata penghubung perbandingan, seperti “Bagai, Serupa”.


  • Pronomina

Pronomina adalah kata ganti. Pronomina terdiri atas dua jenis, yaitu Kata ganti untuk menunjukkan orang (Persona) dan kata ganti yang menunjukkan bukan orang (non-persona). Kata Persona dapat berupa “Kamu, Dia, Ia, Saya”, sementara kata non-Persona dapat berupa “Di sana, Di sani, Di situ”.


  • Leksikal

Leksikal adalah jenis kata yang menunjukkan Kata Kerja, Kata Benda, Kata Sifat dan juga Kata Keterangan. Kata kerja merupakan kata yang menunjukkan suatu proses ataupun keadaan yang sedang berlangsung, misalnya membaca, menulis, berlari, dan sebagainya. Kata benda ialah kaya yang menunjukkan suatu objek tertentu seperti Meja, Kasur, Rumah, dan sebagainya. Sementara kata sifat dapat berupa Cantik, Menawan, Buruk, Baik, dan kata keterangan dapat berupa Malam, Siang, Di sana, Di situ.


Contoh Teks Eskposisi

Dibawah ini terdapat beberapa contoh teks eksposisi, antara lain:


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan Perilaku

Tesis:

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri tersebut tentu saja terbentuk dari perilaku yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk perilaku anak didik. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Perubahan ini mensyaratkan adanya pendidikan perilaku dalam sistem pendidikan di Indonesia.


Argumentasi:

Pendidikan perilaku adalah pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal atau pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa. Pendidikan perilaku tersebut penting akan menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi dan kecerdasan di bidang yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Siswa ang tidak pandai dalam pelajaran tentu saja bukan berarti ia bodoh, ia pasti memiliki kemampuan di bidang yang lain. Melalui pendidikan berperilaku, cerdas atau tidaknya seseorang tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seseorang dalam pelajaran di kelas. Guru juga tidak boleh untuk melabeli seorang siswa bodoh apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas.

Pemerintah juga telah mengupayakan terwujudnya pendidikan perilaku ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013. Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan perilaku kepada siswa. Perilaku yang toleransi terhadap suku, agama, bahasa, kebudayaan dan adat istiadat. Indonesia adalah negara yang memiliki beragam kebudayaan, bahasa, kepercayaan dan adat istiadat. Sehingga penanaman sikap toleransi harus diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

Selain itu, pendidikan perilaku juga diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang terkait dengan masa depannya. Siswa harus memiliki keahlian dan skill khusus yang harus dimiliki di zaman globalisasi ini.


Penegasan Ulang:

Pendidikan perilaku adalah bekal awal siswa di masa depan. Siswa harus memiliki sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skil atau potensi diri yang dapat dibanggakan, supaya siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap menghadapi kemajuan zaman.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Laporan

Penerbangan Boing 706 milik Batik Airlines hilang dalam penerbangan dari Indonesia, Singapura, menuju Kyoto, Jepang, Rabu (12/03/2019) pagi. Di antara 160 penumpang, termasuk tiga bayi dan 12 kru pesawat tersebut, terdapat 80 orang Indonesia. Sebelumnya disebutkan, penumpang berasal dari lima negara. Namun, daftar berikut menyertakan data yang menyebutkan enam kewarganegaraan. Berikut ini adalah rincian asal negara penumpang dan jumlahnya:

  1. Jepang 40 orang dan 1 bayi
  2. Indonesia 80 orang dan 1 bayi
  3. Australia 10 orang dan 1 bayi
  4. Cina 15 orang
  5. Korea Selatan 10 orang
  6. Inggris 5 orang

Demikian Pembahasan Tentang Contoh Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur dan Kaidah dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Please rate this