Struktur Gigi: Pengertian, Bagian-Bagian dan Jenisnya

5/5 (1)

Struktur Gigi: Pengertian, Bagian-Bagian dan Jenisnya


Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Gigi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: struktur, pengertian, bagian-bagian dan jenisnya.

Struktur Gigi: Pengertian, Bagian-Bagian dan Jenisnya

Pengertian Gigi

Gigi adalah sel sistem pencernaan yang berlokasi di dalam rongga mulut. Gigi termasuk alat pencernaan mekanik, karena berfungsi untuk memecah, membelah dan mengunyah makanan sebelum makanan tersebut masuk ke bagian pencernaan. Gigi mempunyai struktur padat dan keras untuk melaksanakan fungsinya dengan baik.


Bagian-Bagian Gigi

Dibawah ini terdapat beberapa bagian-bagian gigi, antara lain:


Mahkota Gigi

Mahkota Gigi adalah bagian yang tampak dari luar. Lapisan tersebut terlihat berwarna putih karena dilapisi oleh struktur yang disebut dengan email gigi. Tiap-tiap jenis gigi mempunyai bentuk mahkota yang beragam.


Leher Gigi

Leher gigi adalah bagian yang telah tertanam ke dalam gusi. Bagian tersebut menjadi dinding antara mahkota dengan akar gigi.


Akar Gigi

Akar Gigi adalah bagian gigi yang telah tertanam dibawah rahang dan tidak terlihat dari luar, tiap-tiap jenis gigi pada manusia mempunyai jumlah akar gigi yang berbeda-beda.


Jenis-Jenis Gigi

Dibawah ini terdapat beberapa jenis-jenis gigi, antara lain:


Berdasarkan Fungsi dan Bentuknya

Berdasarkan fungsi dan bentuknya, terdapat beberapa bagian, antara lain:


  • Gigi Seri

Gigi seri berbentuk persegi panjang dan berfungsi untuk menguyah makanan. Gigi seri berlokasi dibagian paling depan di tengah lengkung gigi, terdapat 4 buah di rahang atas ataupun di rahang bawah.


  • Gigi Taring

Gigi ini disebut juga dengan gigi taring. Gigi taring mempunyai permukaan atau berujung tajam. Fungsi gigi taring adalah untuk merobek makanan. Jumlah gigi kaninus atau gigi taring pada anak-anak dan orang dewasa dalam setiap rahang adalah 4 gigi.


  • Gigi Geraham Depan

Gigi ini disebut juga dengan gigi geraham kecil. Fungsi gigi premolar atau geraham kecil adalah untuk merobek dan membantu mengunyah atau menggiling makanan. Jumlah gigi premolar pada orang dewasa sebanyak 8 gigi, sedangkan untuk anak-anak tidak mempunyai gigi premolar.


  • Gigi Geraham Belakang

Gigi Geraham Belakang berada di belakang gigi geraham depan. Bentuknya seperti kotak dan ukurannya besar. Gigi molar merupakan gigi yang paling berperan dalam proses penghalusan makanan. Totalnya ada dua belas buah, enam di rahang atas dan enam di rahang bawah.

Terkadang gigi molar yang paling belakang atau biasa disebut dengan nama bungsu gak muncul, sehingga jumlah gigi molar hanya delapan buah. Orang bule’ menyebut gigi molar bungsu dengan nama wisdom teeth. Karena gigi ini muncul ketika seseorang dianggap lebih dewasa dan bijaksana adalah sekitar umur 20-an.


Berdasarkan Usia Giginya

Berdasarkan usia giginya, terdapat beberapa bagian, antara lain:


  • Gigi Susu

Gigi susu adalah gigi yang tumbuh pada manusia pada saat kita berumur 6 bulan. Gigi yang biasanya tumbuh pertama kali ialah gigi seri yang berloaksi pada bagian tengah gigi.

Seiring bertambahnya usia manusia, gigi susu tersebut akan tanggal satu persatu dan kemudian digantikan dengan gigi permanen. Biasanya gigi mulai tanggal pada saat anak berumur 4 sampai 6 tahun. Secara keseluruhan gigi susu berjumlah 20 buah, yakni 8 buah gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham depan.


  • Gigi Permanen

Gigi permanen merupakan gigi yang merubah gigi susu yang tanggal dan akan menjadi gigi untuk seumur hidup. Gigi permanen tidak akan tanggal dengan sendirinya, kecuali terjadi keabnormalan. Jumlah gigi permanen secara keseluruhan yaitu 32 buah, antara lain 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham depan dan 12 gigi geraham belakang.


Struktur Gigi

Dibawah ini terdapat beberapa struktur gigi, antara lain:


  • Mahkota

Mahkota adalah bagian yang menonjol dari rahang.


  • Leher

Leher adalah bagian yang terletak antara mahkota dengan bagian akar gigi.


  • Akar

Akar adalah bagian yang tertanam di dalam rahang.


  • Email

Emai merupakan jaringan yang berfungsi untuk melindungi tulang gigi dengan zat yang sangat keras yang berada di bagian paling luar gigi manusia. merupakan bagian gigi yang paling keras. Enamel inilah yang melapisi mahkota gigi dan mempunyai ketebalan yang bervariasi mulai bagian puncak mahkota dan akan semakin menipis ketebalannya pada dasar mahkota, tepatnya pada perbatasan mahkota dengan akar gigi.

Warna email gigi pun sebenarnya tidak putih mutlak, kebanyakan lebih mengarah keabu-abuan dan semi translusen. Kecuali pada kondisi enamel yang abnormal seringkali menghasilkan warna yang menyimpang dari warna normal enamel dan cenderung mengarah ke warna yang lebih gelap. Semakin menuju ke bagian dalam dari enamel, kekerasannya akan semakin berkurang.

Bagian email ini pula yang menjadi awal terjadinya lubang pada gigi, karena sifatnya mudah larut terhadap asam, dan kelarutannya juga meningkat seiring dengan semakin dalamnya lapisan enamel. Untuk itu kenapa kita sering mendengar anjuran untuk sering menggosok gigi adalah agar kondisi enamel gigi kita bisa dicegah dari kondisi asam seminimal mungkin.


  • Tulang

Tulang adalah lapisan yang berada pada lapisan setelah email yang dibentuk dari zat kapur. Dentin juga merupakan bagian yang terluas dari struktur gigi, meliputi seluruh panjang gigi mulai dari mahkota hingga akar.

Dentin pada mahkota gigi dentin dilapisi oleh enamel, sedangkan dentin pada akar gigi dilapisi oleh semen. Kalau kita amati, bagian ini memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai pelindung dari ruang pulpa. Jadi sebenarnya bagian inilah yang menjadi pertahanan kedua gigi kita setelah enamel.


  • Rongga Gigi

Rongga gigi adalah rongga yang di dalamnya terdapat pembuluh darah kapiler dan serabut-serabut syaraf.


  • Semen

Semen adalah bagian dari akar gigi yang berdampingan dan berbatasan langsung dengan bagian tulang rahang di mana gigi manusia tumbuh.

Seperti halnya pada bagian email yang melapisi dentin, semen juga melapisi dentin namun untuk dentin pada bagian akar gigi. Sementum ini secara normal tidak tampak dari pandangan kita, namun tertutup oleh tulang dan dilapisi oleh gusi. Pada beberapa kondisi abnormal, sementum akan tampak.

Semua struktur jaringan keras gigi akan berintegrasi membentuk struktur yang lebih kuat. Bayangkan jaringan-jaringan keras ini melindungi struktur-struktur di bawah gigi bahkan struktur  lain di sekitar gigi


  • Pulp

Pulp adalah rongga yang di dalamnya terdapat pembuluh darah kapiler dan serabut-serabut saraf.


Demikian Pembahasan Tentang Struktur Gigi: Pengertian, Bagian-Bagian dan Jenisnya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Please rate this