Contoh Memo : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Struktur

Diposting pada

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Memo? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, ciri, fungsi, tujuan, jenis dan struktur.

Contoh Memo : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Struktur

Pengertian Memo

Memo merupakan suatu pesan ringkas atau singkat yang padat, jelas dan mudah untuk di mengerti.  Memo banyak digunakan sebagai salah satu bentuk komunikasi yang biasanya akan berisi mengenai arahan, permintaan, ataupun keterangan perihal sesuatu yang harus dilakukan dan diselesaikan dengan segera.


Ciri-Ciri Memo

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri memo, antara lain:

  1. Memo sebagai bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal secara singkat, padat dan jelas. Biasanya akan dituliskan pada kertas kecil dan akan ditempelkan atau diletakkan pada tempat-tempat yang lebih gampang dilihat oleh orang yang dituju. Misalnya pada mading kantor dan lain sebagainya.
  2. Jika dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, mempo mempunyai bab surat yang lebih sederhana, terutama pada bab isi surat alasannya memo mempunyai isi yang lebih singkat, padat dan jelas.
  3. Memo umumnya tidak mencantumkan identitas kantor, menyerupai nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos secara lengkap alasannya peredarannya terbatas hanya pada orang-orang yang berada di dalam lingkup perusahaan, instansi atau forum saja.

Fungsi dan Tujuan

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dan tujuan dari memo, antara lain:

  • Tujuan di buatnya memo yaitu untuk meminta ataupun memberikan informasi dan petunjuk pada seseorang yang berkompeten.
  • Fungsi di buatnya sebuah memo adalah sebagai bentuk komunikasi yang berisikan sebuah arahan, permintaan dan keterangan tentang sesuatu yang harus di selesaikan dengan segera mungkin.

Jenis-Jenis Memo

Dibawah ini terdapat dua jenis-jenis memo, antara lain:


1. Memo Resmi

Memo bersifat resmi merupakan suatu surat pernyataan hubungan resmi dari pemimpin kepada bawahanya yang di keluarkan oleh sebuah lembaga atau instansi.


Contoh:

Dinas Pendidikan Makassar

SMA Muhamadiyah 2 Makassar

MEMO

14 April 2019

Dari : Kepala Sekolah

Kepada : Seluruh Dewan Guru Dan Staff Sekolah

Dimohon untuk seluruh dewan guru dan para staf untuk ikut serta mengingatkan para siswa smk muhammadiyah 2 tulungagung dalam gerakan kerapian, seperti memasukan baju, memakai sepatu hitam seragam, dan kerapian rambut, hal ini di lakukan agar para siswa menjadi terlatih  dan terbiasa untuk selalu tampil rapi pada saat berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Terima kasih.

Kepala Sekolah

Ahmad Baskoro


2. Memo Tidak Resmi

Memo tidak resmi merupakan sebuah nota atau surat pernyataan tidak resmi yang di tujukan pada teman, saudara atau orang yang mempunyai hubungan sangat dekat.


Contoh:

Dari : Dini

Untuk : Anti

Dita, baju yang aku jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan. ada beberapa bagian baju yang tidak rapi dan mohon di perbaiki. bagian yang tidak rapi sudah aku tandai. aku sangat buru-buru jadi tidak bisa menemuimu secara langsung. aku menitipkan ini pada ibumu. tolong baju tersebut segera untuk di perbaiki, karena besok lusa baju itu akan aku pakai untuk melamar pekerjaan.

Mohon maaf sebelumnya din, sudah merepotkanmu 🙂 terimakasih.

Tertanda,

Dini


Struktur Memo

Dibawah ini terdapat tiga struktur memo, antara lain:


1. Kepala Memo

Kepala memo terdiri atas kop memo (pada memo resmi), nama pengirim dan nama penerima, pastikan anda membuatnya dengan benar dan ini harus ada dalam memo biar tidak timbul kesalahpahaman.


2. Badan Memo

Badan Memo terdiri atas isi memo, anda sanggup menjelaskan dan menceritakan apa sebetulnya maksud dan tujuan anda menciptakan dan mengirim memo pada orang yang dituju secara singkat, padat dan jelas. Namun pastikan orang yang dituju mengerti maksud dan tujuan anda.


3. Memo

Nah, yang terakhir yaitu bab kaki memo. Yang mana kaki memo ini biasanya terdiri atas tanda tangan dan nama terang pembuat memo yang sanggup anda cantumkan pada bab bawah isi memo.


Demikian Pembahasan Tentang Contoh Memo : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Struktur dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Contoh Memo : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Struktur
5 (100%) 5 votes