Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit), Ciri, Fungsi dan Jenisnya

5/5 (1)

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Sel Darah Putih (Leukosit)? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, ciri, fungsi, dan jenisnya.

Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit), Ciri, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit)

Sel Darah Putih (Leukosit) merupakan sel yang membentuk struktur darah. Sel darah putih tersebut berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Sel darah putih tidak berwarna, yang mempunyai inti, bisa bergerak secara amoeboid dan bisa menembus dinding kapiler atau diapedesis. Dalam kondisi normalnya berisi 4×109 sampai 11×109 sel darah putih di dalam seliter darah manusia dewasa yang sehat sekitar 7000-25000 sel per tetes.Dalam setiap milimeter kubik darah terdapat 6000 sampai 10000(rata-rata 8000) sel darah putih. Dalam kasus leukemia, jumlahnya bisa meningkat sampai 50000 sel per tetes.

Di dalam tubuh, leukosit tidak berasosiasi secara ketat dengan organ atau jaringan tertentu, mereka bekerja secara independen seperti organisme sel tunggal. Leukosit mampu bergerak secara bebas dan berinteraksi dan menangkap serpihan seluler, partikel asing, atau mikroorganisme penyusup. Selain itu, leukosit tidak bisa membelah diri atau bereproduksi dengan cara mereka sendiri, melainkan mereka adalah produk dari sel punca hematopoietic pluripotent yang ada pada sumsum tulang.

Leukosit turunan meliputi: sel NK, sel biang, eosinofil, basofil dan fagosit termasuk makrofaga, neutrofil serta sel dendritik.


Ciri-Ciri Sel Darah Putih (Leukosit)

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri sel darah putih (leukosit), antara lain:

  • Sel darah putih berjumlah kurang lebih 6 sampai 9 ribu butir/mm3.
  • Sel darah putih tidak mempunyai warna dan tidak berwarna.
  • Memiliki inti sel ataupun nukleus.
  • Memiliki bentuk yang bisa dikatakan bentuknya tidak beraturan.
  • Bisa berubah bentuk.
  • Sel darah putih hanya bisa bertahan hidup antara 12-13 hari
  • Sel darah putih terbuat di dalam sumsum merah tulang pipih, limpa dan kelenjar getah bening.
  • Bergerak secara ameboid (seperti dengan amoeba).
  • Bisa menembus dinding pembuluh darah.

Fungsi Sel Darah Putih (Leukosit)

Sel darah putih (Leukosit) berfungsi penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, fungsi dari leukosit sendiri merupakan membantu tubuh melawan berbagai jenis penyakit infeksi yang di sebabkan oleh kuman atau bagian dari sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa fungsi dari sel darah putih (leukosit), antara lain:

  1. Menghancurkan sel-sel darah yang telah tua, membuat dan juga melepaskan bilirubin ke sirkulasi.
  2. Memakan bakteria dan melipat gandakan diri kalau terdapat infeksi.
  3. Memakan dan juga memproses antigen serta merangsang sel-sel plasma untuk membuat antibodi.

Jenis-Jenis Sel Darah Putih (Leukosit)

Dibawah ini terdapat beberapa jenis-jenis dari sel darah putih (leukosit), antara lain:


1. Limfosit

Limfosit merupakan salah satu jenis sel darah putih. seperti halnya sel darah putih lainnya, limfosit berfungsi sebagai bagian dari sistem daya tahan tubuh.


2. Monosit

Monosit merupakan kelompok darah putih yang menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh.


3. Basofil

Basofil merupakan jenis sel darah putih atau leukosit dengan butiran kasar hitam kebiruan di dalam sitoplasma.


4. Neutrofil

Neutrofil dalam bahasa Inggris merupakan neutrophil, polymorphonuclear neutrophilic leukocyte, PMN, yaitu bagian sel darah putih dari kelompok granulosit.


5. Eusonofil

Eosinofil dalam bahasa Inggris yaitu eosinophil, acidophil, merupakan sel darah putih dari kategori granulosit yang berperan dalam sistem kekebalan dengan melawan parasit multiselular dan beberapa infeksi pada makhluk vertebrata.

Leukosit yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah pada tubuh juga tidak baik untuk kesehatan, yang paling bagus ialah sel darah putih (leukosit) normal. adapun penyebab naiknya kadar leukosit secara signifikan dalam tubuh adalah, infeksi, radang, stres fisik dan masih banyak lagi.


Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit), Ciri, Fungsi dan Jenisnya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Please rate this