Pengertian dan Contoh Surat Pribadi

5/5 (1)

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Surat Pribadi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: macam, pengertian, ciri, cara menulis dan contoh.

Surat Pribadi

Pengertian Surat Pribadi

Surat Pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Surat pribadi juga disebut dengan surat prive. Orang menulis surat pribadi karena adanya pergaulan sehari-hari. Dari pergaulan itu akhirnya muncul suatu ide yang mendorong untuk menulis surat pribadi.


Macam-Macam Surat Pribadi

Berdasarkan isi dan sifatnya, surat pribadi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  • Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan, misalnya surat perkenalan, surat antarkerabat, surat kepada teman, surat kepada orang tua dan sebagainya.
  • Surat pribadi yang isinya bersifat setengah resmi atau ada hubungannya dengan kedinasan, misalnya surat lamaran pekerjaan, surat izin tidak masuk kerja, surat tidak masuk sekolah, surat izin cuti dan sebagainya.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Surat pribadi alat komunikasi perorangan atau antarorang dengan instansi, mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan surat dinas. Ciri-ciri tersebut, yaitu:

  1. Bagian-bagian surat tidak selengkap seperti surat dinas.
  2. Bahasa yang digunakan bersifat subjektif, artinya bebas sesuai dengan isi hati penulisnya.
  3. Cara penulisannya tidak ada peraturan yang mengikat.
  4. Bebas menggunakan perlengkapan surat sesuai dengan pilihannya, baik penggunaan kertas, warna tinta maupun sampul surat.

Cara Menulis Surat Pribadi

Agar dapat menulis surat pribadi dengan baik dan benar, kita harus menggunakan beberapa pedoman menulis surat pribadi, seperti berikut:

  • Tidak menggunakan kop surat.
  • Penulisan tanggal surat memakai nama tempat atau kota.
  • Tidak menggunakan nomor surat
  • Menggunakan salam penutup “Hormat saya,”.
  • Tidak menggunakan tembusan.
  • Dapat ditulis pada kartu pos, warkat pos atau surat bersampul.

Contoh Surat Pribadi

Berikut ini saya akan menyampaikan salah satu contoh surat pribadi, sebagai berikut:


Bandar Lampung, 25 Mei 2015

Buat Ayah dan Ibunda
Tercinta di rumah

Ayah dan Ibunda tercinta,

Dengan surat ini ananda kabarkan, bahwa keadaan di Bandar Lampung selalu dalam sehat wal afiat dan begitu juga ananda harap keadaan Ayah dan Ibunda di sana.

Di samping itu, ananda juga akan memberi kabar Ayah dan Ibunda di rumah. Pada saat ini ananda sudah selesai UAS semestar empat (4) pada kuliah, tetapi ananda belum bisa pulang karena masih ada acara yang sangat penting, yaitu studi program di wilayah Bandar Lampung. Untuk studi ini tiap mahasiswa dipunyut biaya sebesar kurang lebih Rp 50.000,00 sampai Rp 100.000,00. Padahal uang pemberian tempo hari sudah habis. Oleh sebab itu, ananda mohon untuk dikirim yang lagi sebesar Rp 150.000,00.

Sebelum dan sesudahnya ananda mohon maaf yang sebesar-sebesarnya pada Ayah dan Ibunda.

Ananda
Ahmad Ali

Demikian Pembahasan Tentang Macam-Macam Surat Pribadi: Pengertian, Ciri, Cara dan Contoh dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

Please rate this