Statistik adalah

5/5 (2)

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Statistik? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian menurut para ahli.

Statistik adalah

Pengertian Statistik

Statistik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Pengertian lain statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritme statistika pada suatu data.


Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini terdapat 17 pengertian statistik menurut para ahli, antara lain:


  1. Menurut Modenhall

Statistik adalah salah satu bidang sains yang berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusan dari suatu populasi darimana data itu didapatkan.


  1. Menurut Kendal & Stuart

Statistik adalah cabang dari metode ilmiah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan.


  1. Menurut Croxton dan Cowden

Dari 2 ilmuwan ini mengungkapkan bahwa statistik adalah cara atau metode untuk mengumpulkan data, mengelola kemudian menyajikannya dan bisa juga menginterpretasi data yang berwujud angka.


  1. Menurut Drs. Djawanto.

Statistik iyalah kumpulan angka-angka yang berhubungan dengan atau melukiskan suatu persoalan.


  1. Menurut J. Supranto.

Memberikan 2 arti statistik iyalah :

  • Dalam arti sempit, Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).
  • Dalam arti luas, Statistik adalah ilmu yang mempejari cara pengumpulan , penyajian , serta analisa data , dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh.

  1. Menurut Ir. M. Iqbal Hasan, MM

Mengemukakan statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data yakni tentang tatacara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.


  1. Menurut Suntoyo Yitnosumarto

Mengemukakan statistik adalah sebuah informasi yang menggunakan metodologi & cara-cara perhitungan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.


  1. Menurut Prof. DR. Agus Irianto

Menjelaskan statistik adalah sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.


  1. Menurut Prof. DRS. Sutrisno Hadi, MA

Mengemukakan statistik adalah salah satu cara untuk mengolah data & menarik sebuah kesimpulan serta keputusan yang logis dari sebiah pengolahan data.


  1. Menurut Sugiyono

Menurutnya, statistik dalam arti sempit a adalah data dan alat. Secara luas, statistik adalah suatu alat dalam menganalisis dan mengambil sebuah keputusan.


  1. Menurut Sudjana

Menyimpulkan statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan teknik-teknik atau cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data dan publikasi dari data-data dalam bentuk angka.


  1. Menurut Freund & Walpole

Menjelaskan statistik adalah salah satu sains dalam pengambilan suatu keputusan yang belum pasti.


  1. Menurut Marguerrite F. Hall

Statistik adalah suatu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, menganalisa, menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.


  1. Menurut Stoel Torrie

Mengungkapkan statistik adalah cara atau metode yang memberikan langkah-langkah guna untuk menilai ketidakpastian dari sebuah kesimpulan yang sifatnya induktif.


  1. Menurut Anderson & Bancroft

Mereka mengungkapkan statistik adalah ilmu & seni perkembangan juga metode yang paling tepat dan efektif dalam pengumpulan, mentabulasikan dan menginterprestasikan data-data kuantitatif.


  1. Menurut Mood, Graybill & Boes

Mereka mengemukakan bahwa statistik adalah suatu teknologi dari salah satu metode ilmiah dan berkaitan dengan percobaan, penyelidikan dan penarikan kesimpulan.


  1. Menurut Asher

Menurutnya statistik itu berkaitan dengan suatu langkah atau metode dalam menarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba.


Demikian Pembahasan Tentang 17 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli dalam Bukunya dari Pendidikanmu

Please rate this