17 Konsep Geografi Menurut Para Ahli, Contoh dan Penjelasannya

5/5 (1)

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Konsep Geografi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: menurut para ahli, contoh dan penjelasannya.

17 Konsep Geografi Menurut Para Ahli, Contoh dan Penjelasannya

Geografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai gejala-gejala nyata baik itu fisik ataupun non fisik dalam kehidupan manusia. Kata geografi bersumebr dari bahasa yunani. yaitu “geo” yang artinya bumi dan grapein yang berarti tulisan atau menjelaskan.

Gejala geografi yang ada disekeliling kita sebagai semua kondisi yang mempunyai keterhubungan spesial antara faktor fisik ataupun non fisik, yang di dalamnya ada dua bentuk pembelajaran yakni bentuk nyata yang berbentuk pemahaman dan bentuk abstrak yang berbentuk konsep.

Konsep geografis memungkinkan berlangsungnya eksplorasi kaitan antara manusia, lingkungan alam dan budaya yang masing-masing ada susunan spesial di dalamnya. Dengan terdapat konsep geografi, akan bisa membantu para ahli geografi dalam menyusun kerangka kerja yang nantinya dipakai untuk menafsirkan dan mewakili informasi mengenai dunia.


17 Konsep Geografi Menurut Para Ahli, Contoh dan Penjelasannya

Dibawah ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai konsep geografi, antara lain:


Menurut Ikatan Geograf Indonesia

Dalam Seminar Loka Karya yang diadakan oleh Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang pada tahun 1988 memperoleh suatu rumusan yang menyebutkan bahwa geografi sebagai suatu ilmu yang mempelajari mengenai persamaan dan perbedaan gejala-gejala geosfer dan unsur-unsur geosfer dengan sudut pandang kelokasi atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Dari kesamaan-kesamaan sudut pandang tersebut, maka muncullah dari para ilmuwan dalam ikatan geograf Indonesia menuai 10 konsep geografi, antara lain:


#1. Konsep Lokasi

Konsep lokasi adalah konsep utama yang dipakai untuk mengetahui gejala-gejala geosfer dan kawasan terjadinya gejala seperti pada lapisan atmosfer. Konsep lokasi ini menghasilan 2 konsep, sebagai berikut:

  • Letak absolute: Letak suatu tempat ditinjau dari letak astronomis (lintang dan bujur). Contoh Indonesia terletak antara 950 BT-1410 BT dan 60LU-110LS.
  • Letak relatif: letak suatu tempat ditinjau dari tempat yang lain. Contoh Indonesia berada di antara benua Asia dan Australia.

#2. Konsep Jarak

Konsep jarak adalah suatu konsep yang memvisualkan terdapatnya jarak antara dua kawasan. Konsep tersebut berhubungan dengan tempat, kehidupan sosial dan ekonomi serta bersifat relative. Konsep jarak dibagi menjadi dua yaitu:

  • Jarak absolute: jarak antara dua tempat yang ditarik garis lurus atau jarak sebenarnya. Contoh jarak antara kota A dan B adalah 150 km.
  • Jarak relative: jarak anatara dua tempat dengan pertimbangan tertentu misal waktu, aksesibilitas dan biaya. Contoh: Jarak antara kota A dan B ditempuh dengan waktu 3 jam menggunakan kendaraan bermotor.

#3. Konsep Keterjangkauan 

Konsep keterjangkauan adalah mudah tidaknya keterjangkauan suatu tempat. Contoh: untuk menuju medan lebih mudah daripada riau di banding dari padang, karena sarana dan prasarana transportasi medan-riau lebih mudah.


#4. Konsep Pola 

Konsep Pola adalah persebaran gejalan antara lain sebagai Contoh: bentuk permukiman di pegunungan menyebar dan di pantai sesuai garis pantai.


#5. Konsep Morfologi

Konsep Morfologi adalah konsep yang berhubungan dengan fauna bentuk permukaan bumi, sebagai dampak tenaga eksogen dan endogen. Contoh: Pegunungan, lembah dan dataran rendah.


#6. Konsep Aglomerasi

Konsep Aglomerasi adalah bentuk-bentuk pengelompokan atau konsentrasi. Contohnya, pengelompokan industry dan pengelompokan permukiman.


#7. Konsep Nilai Kegunaan

Konsep Nilai Kegunaan adalah nilai suatu tempat yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda dilihat dari fungsinya. Contohnya, tempat wisata yang memiliki manfaat yang berbeda.


#8. Konsep Interaksi dan Interdependensi

Konsep Interaksi dan Interdependensi adalah keterhubungan dan ketergantungan satu tempat dengan tempat lainnya. Contohnya: Kota membutuhkan hasil pertanian, sementara di desa membutuhkan pakaian sehingga saling membutuhkan.


#9. Konsep Deferensiasi Areal

Konsep Deferensiasi Areal adalah gejala yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya atau kekhasan suatu tempat. Contohnya, di pantai penghasil garam, sementara pertanian daratan tinggi penghasil sayuran.


#10. Konsep Keterkaitan Keruangan

Konsep Keterkaitan Keruangan adalah menunjukkan derajad keterhubungan antar wilayah, baik tentang alam maupun sosialnya.


Menurut Nursid Sumaatmadja

Konsep geografi menurut Nursid Sumaatmadja adalah suatu bentuk abstrak yang berhubungan dengan fenomena-fenomen nyata mengenai geografi. Di dalam konsep geografi adanya nilai guna, keterhubungan ruang, kaitan dan interdependensi. Konsep Geografi menurut Nursid Sumaatmadja dibedakan menjadi 2 bagian, antara lain:


#1. Konsep Geografi Denotatif

Konsep Geografi Denotatif adalah suatu konsep yang bisa memberikan penjelasan mengenai pengertian fenomen geografi menurut definisinya. Contohnya: erosi adalah suatu kejadian dimana berlangsungnya proses pemindahan massa bebatuan dari satu tempat ke tempat yang lain melewati perantara suatu zat yang terdapat di permukaan bumi yang berlangsung secara alamiah.


#2. Konsep dasar Konotatif

Konsep dasar Konotatif adalah suatu konsep yang mempunyai pengertian lebih luas, apabila disamakan dengan pengertian secara harfiah, dimana di dalam konsep tersebut diperoleh seluruh bentuk yang mempunyai keterkaitan dengan konsep-konsep yang dibahas, misalnya faktor pendukung, persebaran, jenis, manfaat dan proses pembentukannya. Contohnya, proses berlangsungnya efek rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global.


Menurut Getrude Wipple

Menurut Getrude Wipple mengeluarkan konsep geografi. Konsep tersebut adalah bentuk penyederhanaan dari 15 konsep yang sudah diajukan oleh Henry J. Warman menjadi 5 konsep saja yang akan lebih mudah dimengerti, karena menurut konsep tersebut sebagai lebih sedikit.

Konsep Geografi menurut Getrude Wipple dibedakan menjadi 5 bagian, antara lain:

  1. Bumi sebagai sebuah planet
  2. Keragaman Cara Hidup
  3. Keragaman lokasi alam
  4. Arti manfaat lokasi bagi manusia
  5. Peranan Lokasi dalam memahami kejadian-kejadian di dunia

Demikian Pembahasan Tentang 17 Konsep Geografi Menurut Para Ahli, Contoh dan Penjelasannya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

 

[spoiler title=’Berita Artikel Lainnya:’ style=’default’ collapse_link=’false’]

[/spoiler]

Please rate this