Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, Jenis dan Kaidahnya

5/5 (1)

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Teks Biografi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, ciri, struktur, jenis dan kaidahnya.

Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, Jenis dan Kaidahnya

Pengertian Teks Biografi

Teks Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Di dalam biografi, disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang diulas. Menurut pendapat dari KBBI, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Riwayat hidup yang ditulis oleh diri sendiri disebut dengan otobiografi.


Ciri-Ciri Teks Biografi

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri teks biografi, antara lain:

  1. Biografi mempunyai struktur baku dalam pembuatannya, meliputi orientasi, reorientasi, dan peristiwa.
  2. Isi biografi dibuat berdasarkan fakta (faktual) sesuai dengan kisah hidup tokoh yang diceritakan.
  3. Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.
  4. Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga bisa mempengaruhi pembaca.
  5. Biografi juga berisi kondisi-kondisi yang bisa memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.

Struktur Teks Biografi

Dibawah ini terdapat beberapa struktur teks biografi, antara lain:


1. Orientasi

Berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar atau pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.


2. Peristiwa

Berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.


3. Reorientasi

Berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini bersifat opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.


Jenis Teks Biografi

Dibawah ini terdapat beberapa jenis teks biografi, antara lain:


1. Berdasarkan Izin Penulisan

Berdasarkan izin penulisannya, terdapat beberapa jenis, antara lain:

  • Authorized Biography, merupakan suatu biografi yang penulisannya telah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.
  • Unauthorized Biography, merupakan suatu biografi yang penulisannya tidak atas izin dan sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Umumnya penulisan unauthorized biography dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan telah wafat.

2. Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, terdapat beberapa jenis, antara lain:

  1. Biografi Perjalanan Hidup, merupakan biografi yang isinya tentang perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap berkesan.
  2. Biografi Perjalanan Karir, merupakan biografi yang isinya tentang perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini. Atau dapat juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

3. Berdasarkan Masalah yang Dibahas

Berdasarkan masalah yang dibahas, terdapat beberapa jenis, antara lain:

  • Biografi Politik, merupakan biografi yang isinya tentang kisah hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Meskipun melalui riset, pada umumnya biografi politik mengandung sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.
  • Biografi Intelektual, merupakan biografi yang isinya menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual dibuat melalui berbagai riset dan penulisannya menggunakan bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik, merupakan biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisahnya.

4. Berdasarkan Penerbit

Berdasarkan penerbit, terdapat beberapa jenis, antara lain:

  • Buku sendiri, merupakan suatu biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi ini adalah untuk dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi, merupakan biografi tokoh yang biaya penulisannya dan produksinya ditanggung oleh sponsor. Jika dilihat dari sisi komersil, biografi seperti tidak akan laku atau harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Dibawah ini terdapat beberapa kaidah kebahasaan teks biografi, antara lain:


1. Pronomina (Kata Ganti)

Menggunakan pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau. Kata ganti ini digunakan secara bervariasi dengan penyebutan nama tokoh atau panggilan tokoh.

Contohnya ialah:

George Saa, putra Papua sangat menyukai pelajaran fisika. Ia berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Berkat ketekunannya, Si Genius dari Papua ini mendapatkan beasiswa hingga ke luar negeri. Meski kini telah sukses, Oge, begitu biasanya dia dipanggil, tetap menjadi pribadi yang ramah dan tidak sombong.


2. Kata Kerja

Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh.

Contohnya ialah:

Belajar, membaca, berjalan, melempar.


3. Kata Adjektiva

Banyak menggunakan kata adjektiva untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh.

Contohnya ialah:

Kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh antara lain genius, rajin, ulet. Dalam melakukan deskripsi, seringkali penggunaan kata sifat didahului oleh kopulatif adalah, merupakan.


4. Kata Sambung

Banyak menggunakan kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berkenaan dengan urutan waktu.

Contohnya ialah:

Sebelum, sudah, pada saat, kemudian, selanjutnya, sampai, hingga, pada tanggal, nantinya, selama, saat itu.


Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, Jenis dan Kaidahnya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Please rate this