Materi Ilmu Ekonomi

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Ilmu Ekonomi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:

Cabang-Ilmu-Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas liputannya. Oleh sebab itu sangatlah sukar untuk membuat definisi yang akan memberikan gambaran yang tepat mengenai analisis-analisis yang diliputi oleh ilmu ekonomi. Namun demikian ini tidaklah berarti bahwa suatu definisi yang secara ringkas menerangkan bidang studi ilmu ekonomi sama sekali tidak dapat dilakukan. Dalam usaha untuk memberikan gambaran ringkas mengenai bidang studi ilmu ekonomi.

Ilmu ekonomi pengertian dari Oikonomia yaitu dari bahasa latin dari asal kataoikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti aturan. Sehingga secara sederhana Ekonomi diartikan sebagai aturan-aturan dalam rumah tangga dalam upaya memenuhi kebutuhan.

Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.


Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini terdapat beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, antara lain:


  1. ADAM SMITH

Ilmu ekonomi secara sistematis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu


  1. ALFRED MARSHALL

Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari.


  1. PAUL A SAMUELSON

Ilmu ekonomi adalah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya keberbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi.


  1. VON NEUMANN dan MORGENSTERN

Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlukan secara ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu.


  1. M. MANULANG

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik barang-barang maupun jasa).


  1. LIPSEY

Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.


  1. ALFRED W

Ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ilmu ekonomi terapan.


Pembagian Ilmu Ekonomi

Analisis ekonomi dapat dibedakan kepada tiga golongan, yaitu:


  • Ekonomi Deskriptif

Bidang ilmu ekonomi ini adalah analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian. Analisis mengenai keadaan petani di Jawa Tengah adalah tergolong sebagai ilmu ekonomi deskriptif. Setiap ilmu pengetahuan bertujuan untuk menganalisiskan kenyataan yang wujud di alam semesta dan di dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu penting untuk mengetahui kenyataan yang wujud. Misalnya, kita ingin mengetahui pengaruh kenaikan harga kepada kenaikan produk pangan. Ini sukar dijelaskan karena produksi pangan bukan saja dipengaruhi oleh harganya tetapi oleh banyak faktor lain seperti iklim, harga barang lain, dan keadaan ekonomi.


  • Teori Ekonomi

Teori ini adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Teori ini merupakan cabang ekonomi yang bertugas menyusun model analisis ekonomi untuk menerangkan perilaku sistem perekonomian secara garis besar. Manfaat teori ekonomi terasa sekali bagi seseorang yang akan menetapkan suatu kebijaksanaan ekonomi ataubagi seorang pengamat ekonomi.

Ruang lingkupnya meliputi:

  1. Ekonomi makro : bagian dari teori ekonomi yang mempelajari perilaku perekonomian secara agregat atau keseluruhan. Misalnya permintaan masyarakat, produksi nasional, pendapatan nasional, dll.
  2. Ekonomi mikro : bagian dari teori ekonomi yang mempelajari perilaku perekonomian secara individual. Misalnya perilaku rumah tangga produsen dan konsumen.

  • Ekonomi Terapan

Bidang ini merupakan cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi. Fungsinya sebagai landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi. Dalam perekonomian ada tujuan-tujuan yang ingin di capai antara lain: mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat, menciptakan kestabilan harga-harga, mengatasi masalah pengangguran, dan mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.


Cabang Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi delapan cabang, diantaranya:

  1. Ilmu ekonomi moneter adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya.
  2. Ilmu ekonomi publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian.
  3. Ilmu ekonomi industri adalah cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan pembahasan pada interaksi berbagai perusahaan dalam indusri.
  4. Ilmu ekonomi internasional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatan perekonomian antarbangsa atau antarbangsa.
  5. Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang interaksi ekonomi antarwilayah dan proses perkembangan suatu wilayah.
  6. Ilmu ekonomi SDA adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi.
  7. Ilmu ekonomi SDM adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas faktor produksi tenaga kerja.
  8. Ilmu ekonomi syariah adalah cabang ilmu ekonomi syariah bertujuan untuk menerapkan ekonomi syariah.

Metodologi Ilmu Ekonomi

Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode, umumnya metode ilmiah, yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi. Istilah ‘metodologi’ juga umum meskipun salah dan digunakan sebagai sinonim dari ‘metode’.

Tahap metodologi ilmu ekonomi:

  1. Melakukan observasi dan memilih teori
  2. Mengidentifikasi permasalahan serta menentukan variabel dan hipotesis.
  3. Menggunakan asumsi dan model:
  • Penggunaan Model Diagram Aliran Sirkuler
  • Penggunaan Model Kurva Batas Kemungkinan Produksi

Kegunaan Ilmu Ekonomi

Berikut ini terdapat beberapa kegunaan ilmu ekonomi, antara lain:


  1. Manfaat mempelajari Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi secara umum yaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari cara / sistem tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kemakmuran.


  1. Manfaat mempelajari ilmu Ekonomi

  • Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka dari itu ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia.
  • Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia.
  • Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat.
  • Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa Sosial dan bersifat teliti ( cermat ) serta ekonomis.
  • Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.
  • Mempelajari ilmu ekonomi sangat penting ,dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/ mendesak terlebih dahulu.
  • Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya.

Daftar Pustaka:

  • Ekaristy, Ella. Modul Akuntansi/Ekonomi Kelas X MIA-TA 2015/2016. Bandung. Yayasan Widya Bakti SMA Santa Angela Terakreditasi A. 2015.
  • Rosyidi, Suherman. Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada. 2006.
  • Semaoen, Iksan. Mikro Ekonomi. Malang. Universitas Brawijaya Press. 2011.
  • Sukirno, Sadono. Mikro ekonomi Teori Pengantar. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada. 2005.

Demikian Pembahasan Tentang Pembagian Ilmu Ekonomi: Pengertian Menurut Para Ahli, Cabang, Metodologi dan Kegunaan dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya: